Find Us On Social Media :

Dunia Sempat Lega Pasokan Gas dan Energi Rusia Diganti Iran, Ternyata Pasokan Iran Dikabarkan Tak Siap Penuhi Kebutuhan Dunia, Ini Sebabnya

By May N, Kamis, 10 Maret 2022 | 17:59 WIB

Jaringan pipa Nord Stream 2 di Jerman mengalirkan gas alam dari Rusia

Intisari - Online.com - Serangan Rusia ke Ukraina dan pembicaraan buntu memulihkan Aksi Rencana Komprehensif Gabungan (JCPOA) kesepakatan nuklir Iran semakin terkunci dalam aturan geopolitik.

Namun harapan bahwa kesepakatan nuklir akan membuat Iran menggantikan pasokan energi Rusia ke Barat terhitung terlalu cepat untuk berbagai alasan.

Melansir Asia Times, dalam pernyataan akhir minggu lalu, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov meminta AS untuk sebuah jaminan tertulis bahwa bangkitnya JCPOA dibuat bergantung pada Rusia yang diizinkan untuk mempertahankan hubungan perdagangan dan ekonomi dengan Iran yang dibebaskan dari sanksi AS atas invasi Ukraina.

Banyak analis mengartikan permintaan tersebut, dibuat setelah berbulan-bulan negosiasi dan dengan kesepakatan baru terlihat yang bisa mengangkat sanksi Iran, dengan upaya Moskow untuk menahan JCPOA dan mengancam Barat.

Di kertas, Iran tidak seharusnya kena dampak dari perang di Ukraina seperti halnya mereka tidak membagi perbatasan dengan negara Eropa dan tidak diharapkan menjadi tujuan 1.5 juta pengungsi Ukraina melarikan diri dari peperangan.

Namun intelijen Iran dan cendekiawan Barat telah mengemukakan jika Iran memainkan kartu dengan benar mereka dapat meningkatkan isolasi baru Rusia dari sistem finansial global dan pasar energi untuk bangkit dari ekonomi mereka sendiri yang gagal, termasuk melalui ekspor energi yang mengisi pelanggaran yang dibuka oleh pasokan Rusia yang dihukum.Iran memiliki sumber daya gas terbesar kedua dunia, hanya disaingi Rusia.

Mereka juga memiliki sumber daya minyak terbesar keempat dunia.

Namun bertahun-tahun sanksi Barat untuk ekspor energi Iran telah merusak industri keduanya.

Baca Juga: Bak Kebakaran Jenggot Usai Berikan Sanksi ke Rusia, Negara-Negara Arab Mendadak Ogah Terima Panggilan Dari Amerika Gara-Gara Hal Ini

Baca Juga: AS Kebingungan, Gara-Gara Rusia Kena Sanksi Barat Dipredisi Dunia Akan Kekurangan Minyak, Amerika Serikat Sampai Mendekati Negara Miskin Ini Untuk Dijadikan Rusia Berikutnya!

Jika JCPOA pulih, Republik Islam akan dengan cepat bangkit sebagai eksportir minyak dan gas, mirip dengan periode setelah penandatanganan kesepakatan nuklir asli ketika ekonomi dicatat tumbuh 12.5% pada 2016-17.

Pakar yakin kondisi insfrastruktur energi Iran dan fakta bahwa hampir 80% gas alam yang mereka produksi dikonsumsi secara lokal artinya mereka tidak bisa dengan cepat menggantikan pasokan Rusia.