Find Us On Social Media :

Jadi Inspirasi Cerita Komik Asterix dan Obelix, Penemuan Kembali Kota Alesia yang Hilang Selama Ribuan Tahun, Tempat Pertempuran dan Penaklukkan Jenderal Romawi Julius Caesar Atas Galia

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 8 Maret 2022 | 12:40 WIB

Cerita komik Asterix dan Obelix terinspirasi dari pencarian kota Alesia yang hilang ribuan tahun.

Intisari-Online.comPenaklukkan Romawi atas Galia (sekarang adalah Prancis), didokumentasikan dengan baik oleh Jenderal dan Gubernur Romawi yang memimpin pasukan  Roma menuju kemenangan di sana, yaitu Julius Caesar.

Dalam bukunya Commentarii de Bello Gallico, dia menjelaskan secara rinci bagaimana kemenangannya dicapai, tanpa menghilangkan detail yang akan mendasari betapa hebatnya dia.

Kemenangan terakhir, melawan konfederasi suku Galia di bawah pimpinan Vercingetorix, datang dari pertempuran di Alesia pada 52 SM.

Pemimpin yang kalah, diketahui bersujud di kaki Caesar dan semua Galia dimenangkan untuk Roma.

Anehnya, untuk momen penting dalam sejarah Roma dan Galia, lokasi pertempuran ini hilang selama ribuan tahun.

Caesar biasanya tidak spesifik menemukan lokasi kemenangan militernya yang paling terkenal, mungkin dengan asumsi semua orang sudah tahu di mana Alesia berada.

Lokasi pertempuran yang sebenarnya itu baru dikonfirmasi pada tahun 1990-an.

Alesia adalah kota kuno dan ibu kota Mandubii, sebuah suku Galia kecil di timur laut Prancis.

Baca Juga: Kisah Permaisuri Kaisar Romawi yang Haus Kekuasaan, Ratu Julia Agrippina, Fitnah Roma dengan Cara Kejam, Racuni Suami Keduanya, Lahirkan Putra yang Kelak Jadi Kaisar Kejam

 Baca Juga: Jarang Terdengar Kisahnya, Inilah Livia Drusilla, Istri Ketiga dan Terakhir Kaisar Augustus dari Kekaisaran Romawi, Menikah Selama 51 Tahun, Setia Mendukung Meski Turut Campur Pemerintahan Suaminya

Pertempuran itu diyakini terjadi di puncak Gunung Auxois yang menghadap ke kota Prancis modern, Alise-Sainte-Reine.

Namun, meski kita mungkin tahu lokasi pertempuran yang menentukan itu, peristiwa yang dijelaskan Caesar masih membutuhkan perhatian.