Find Us On Social Media :

Kekaisaran Romawi Mampu Tumbuh Besar Berkat Militernya, Inilah 5 Senjata Paling Penting dari Legiun Romawi, Termasuk yang Digunakan untuk Membunuh Julius Caesar

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:52 WIB

(Ilustrasi) Legiun Romawi

Intisari-Online.com - Militer Romawi berperan penting membuat Kekaisaran Romawi menjadi besar.

Itulah alasan mengapa sebuah kota kecil di daratan Italia menguasai sebagian besar dunia Barat, dari Kepulauan Inggris hingga Timur Dekat, dari Rhine hingga Afrika Utara.

Pada awal-awal masa Republik Romawi, militer Romawi merupakan kekuatan sukarelawan yang terdiri dari warga sipil.

Semua warga negara Romawi dapat bertugas di militer, tetapi ketika kekaisaran tumbuh dan menyebar, tentara harus merekrut lebih banyak dan lebih banyak lagi warga.

Ketika perbatasan Roma meluas, maka militer perlu bergantung pada orang-orang dari wilayah Romawi yang baru diperoleh ini untuk melayani. Prasyarat utama adalah bahwa mereka harus penduduk asli yang bebas.

Baca Juga: Berusia 5.000 Tahun, Arkeolog Turki Gali Patung Dewi Kesehatan Yunani Tanpa Kepala di Situs Kuil Persembahan untuk Zeus

Pada awalnya, tentara menggunakan senjata berdasarkan model Yunani dan Etruria, dan begitu mereka bertemu bangsa Celtic, mereka mengumpulkan koleksi senjata baru berdasarkan yang digunakan oleh musuh baru mereka.

 

Berikut 5 senjata paling penting dari Legiun Romawi:

1. Gladius

Senjata Romawi yang penting adalah gladius, atau pedang pendek, yang panjangnya sekitar 18 inci (46 cm) dan diasah di kedua sisinya.

Ini sering digunakan untuk pertempuran jarak dekat.

Baca Juga: Bunker Perang Dunia 2 yang Dibangun Tentara Nazi ini Ditemukan di Dalam Reruntuhan Benteng Romawi, Satu-satunya Perampasan Jerman yang Berhasil di Wilayah Inggris