Find Us On Social Media :

Berusia 5.000 Tahun, Arkeolog Turki Gali Patung Dewi Kesehatan Yunani Tanpa Kepala di Situs Kuil Persembahan untuk Zeus

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 3 September 2021 | 12:50 WIB

Patung tanpa kepala yang ditemukan oleh penggalian arkeolog di Turki.

Intisari-Online.com – Para peneliti menemukan sosok itu di situs berusia 5.000 tahun bernama Aizanoi, yang merupakan rumah bagi sebuah kuil yang didedikasikan untuk Zeus.

Penggalian di Turki barat itu mengungkapkan patung marmer yang menggambarkan Hygieia, dewi kesehatan dan kebersihan Yunani-Romawi.

Seperti yang dilaporkan Muharrem Cin untuk Anadolu Agency (AA) yang dikelola negara, para ahli menemukan patung seukuran aslinya selama penggalian di kota kuno Aizanoi, yang terletak di distrik avdarhisar di provinsi Kütahya negara itu.

Aizanoi juga memiliki salah satu kuil yang paling terpelihara dengan baik di Anatolia yang didedikasikan untuk Zeus, Olympian Yunani pembawa petir.

Baca Juga: Berusia 2.200 Tahun, Mumi ‘Cantik’ Xin Zhui dari China Kuno Ini Berbeda dari Milik Mesir, Tubuhnya Tetap Terawat Seperti Baru Saja Meninggal, Ini Rahasianya Pengawetannya!

Abad kedua SM ini strukturnya menampilkan beberapa kolom doric dan ruang tengah yang dikenal sebagai agora, di mana para arkeolog menemukan patung yang baru ditemukan, tulis Maria Gabrielle untuk National Geographic Indonesia.

Berbicara dengan AA, pemimpin penggalian Gökhan Coşkun dari Universitas Kütahya Dumlupınar Turki mengatakan, “Kami mencoba untuk mengungkapkan galeri kolom di sayap barat dan selatan agora (bazaar) dan toko-toko tepat di belakang mereka.”

Para ahli telah menggali Aizanoi, yang kemudian ditambahkan ke Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada 2012, selama hampir satu dekade.

Menurut AA, tim yang terdiri dari 100 pekerja dan 25 teknisi di wilayah tersebut membantu penggalian musim panas ini.

Baca Juga: Benarkah Pejabat di Inggris pada Masa Romawi, Lempar Tahanan ke Kandang Singa? Arkeolog Berikan Jawaban atas Temuan Mereka