Find Us On Social Media :

Jarang Terdengar Kisahnya, Inilah Livia Drusilla, Istri Ketiga dan Terakhir Kaisar Augustus dari Kekaisaran Romawi, Menikah Selama 51 Tahun, Setia Mendukung Meski Turut Campur Pemerintahan Suaminya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 22 Februari 2022 | 12:35 WIB

(ilustrasi film) Livia Drusilla, permaisuri Kaisar Romawi Augustus yang sangat setia mendukung suaminya.

Intisari-Online.com – Sering mendengar kisah tentang kaisar Romawi, tetapi kita jarang sekali mendengar tentang Permaisuri yang menikah dengan mereka.

Livia Drusilla pertama kali menikah dengan Tiberius Claudius Nero (diperkirakan pada 43 SM) dan melahirkan calon Kaisar Tiberius pada 42 SM.

Livia kemudian menjadi istri ketiga dan terakhir Kaisar Augustus dari Kekaisaran Romawi.

Livia Drusilla lahir pada 30 Januari 58 atau 59 SM dari pasangan Marcus Livius Drusus Claudianus dan istrinya, Aufidia, kemungkinan besar di Roma.

Karena kehidupan wanita selama ini tidak terdokumentasikan dengan baik, maka tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan awalnya.

Ketika menikah dengan Tiberius Claudius, Livia pergi ke pengasingan dengan suaminya dan keluarga mereka di Yunani setelah memilih aliansi politik yang salah (konservatif di Senat Romawi dan Mark Antony).

Mereka kemudian kembali ke roma pada 39 SM.

Livia sedang mengandung anak keduanya, Nero Claudius Drusus ketika dia menceraikan Tiberius Clauidus Nero, kemudian menikah dengan Kaisar Augustus pada 37/38 SM.

Baca Juga: Bak Mimpi Buruk Bagi Roma, Inilah Spartacus, Mantan Gladiator dan Budak Romawi yang Pimpin Pemberontakan 100.000 Budak Demi Sebuah Kebebasan, Jadi Inspirasi Kaum Revolusioner

 Baca Juga: Pelayannya Wajib Miliki 'Organ' Besar, Inilah Elagabalus, Kaisar Romawi Transgender yang Nyaris Dikubur Hidup-hidup Usai Nekat Nikahi 'Perawan Ini'

Mereka hidup dalam perkawinan selama 51 tahun.

Livia Drusilla dikenal sebagai pendukung suaminya yang setia dan dapat diandalkan, namun pendiam.