Find Us On Social Media :

Jadi Kunci Perlawanan Pasukan Ukraina Melawan Serangan Pasukan Rusia, Ternyata Rudal Javelin Bermakna Lebih dari Pertahanan Itu Sendiri, Begini Kisah Mengapa Javelin Jadi Simbol Ukraina

By May N, Senin, 7 Maret 2022 | 13:18 WIB

Rudal Javelin jadi pertahanan pasukan Ukraina, lambat laun Javelin jadi simbol pertahanan negara itu

Intisari - Online.com - Dengan jumlah tentara yang terbatas dan kekurangan teknologi dibandingkan pasukan Rusia, pasukan Ukraina harus memanipulasi lanskap perlawanan agar bisa menang dari pasukan Rusia.

Ketika kendaraan lapis baja Rusia berupaya mendekat ke Kyiv, pasukan pertahanan Ukraina menutup "interseksi" kunci dan lokasi-lokasi kunci mereka.

Pasukan Ukraina melumpuhkan atau menghancurkan pasokan Rusia, dan menggunakan rudal anti-tank Javelin untuk menghancurkan pasukan Rusia dan menahan gerakan mereka.

Pada 28 Februari, wartawan CNN Mathew Chance menggambarkan bagaimana sebuah tank Rusia dihancurkan dalam upaya menyeberang jembatan.

Video itu yang menunjukkan tentara-tentara yang gugur dan kendaraan Rusia yang terbakar dan hancur, menunjukkan sebuah jembatan dengan titik yang sangat sempit yang akan membuat pasukan yang mendekat menjadi target mudah.

Sementara senjata yang digunakan untuk menghancurkan kendaraan itu tidak dibeberkan untuk alasan keamanan, penghancuran kendaraan bisa jadi disebabkan oleh Javelin, yang telah lama digunakan untuk menghalau tank.

Melansir Euronews, rudal Javelin yang dibuat di AS dengan luas dilihat sebagai kunci pertahanan Ukraina melawan invasi Rusia yang tengah berlangsung.

Namun Javelin ternyata telah hidup di hati baik warga Ukraina yang ketakutan dan terjebak di negara yang terkepung dan juga diaspora yang menyaksikan kondisi Ukraina di perbatasan dengan ngeri.

Baca Juga: Dokumen Rahasia Rusia Terkuak, Ukraina Klaim Rusia Rencanakan Perang Gempur Negara Itu Selama 15 Hari, Begini Isi Lengkapnya

Baca Juga: Bukannya Gagal karena Belum Kuasai Ukraina, Strategi Perang Rusia Justru Disebut seperti 'Strategi Perang Irak'

Di antara mereka adalah Christian Borys, pedagang Ukraina-Kanada dan mantan jurnalis yang bekerja di Ukraina dari 2014 sampai 2018.

Ia pertama kali menerima meme asli rudal Javelin setelah melihatnya berbulan-bulan sebelumnya dengan ketegangan politik Rusia-Ukraina meningkat.