Find Us On Social Media :

Dunia Ketar-ketir Perang Nuklir, Ternyata Rusia Bisa 'Bangkitkan' Bencana Nuklir Paling Buruk Sepanjang Sejarah Manusia dari Kota Hantu Setelah Sandera Pegawai PLTN Chernobyl di Ukraina

By May N, Sabtu, 26 Februari 2022 | 14:43 WIB

Tank Rusia memasuki PLTN Chernobyl di Pripyat, Ukraina. Kekhawatiran muncul karena tingkat radiasi dari PLTN meningkat drastis

Intisari - Online.com - Serangan Rusia ke Ukraina telah membuat kekhawatiran baru bahwa akan terjadi perang nuklir dalam waktu dekat.

Hal ini karena Rusia adalah negara pemilik senjata nuklir dan Amerika Serikat (AS) yang memimpin NATO jika memutuskan membantu Ukraina bisa meluncurkan senjata nuklirnya.

Namun tampaknya bencana nuklir yang terjadi di dunia bukan berasal dari skenario perang nuklir.

Alih-alih, bencana ini akan merebak kembali dari sebuah kota hantu bernama Pripyat, tempat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Chernobyl pernah beroperasi.

Dunia tidak akan pernah lupa akan bencana nuklir Chernobyl.

Salah satu reaktor nuklir PLTN Chernobyl di Pripyat, Ukraina, yaitu reaktor nuklir nomor 4, pernah meledak pada tahun 1986 akibat kesalahan penanganan dan menjadi bencana manusia terburuk sepanjang masa.

Ledakan itu membuat kota Pripyat tidak bisa ditinggali selama 20.000 tahun dan PLTN Chernobyl harus berhenti beroperasi.

Sebanyak 49.000 warga dievakuasi akibat bencana Chernobyl.

Baca Juga: Seisi Dunia Langsung Ketar-ketir, Rusia Berhasil Duduki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Trauma Bencana Terbesar Umat Manusia Sepanjang Sejarah Ini Terulang Kembali

Baca Juga: Pantas Rencana Putin Lakukan Invasi Bikin Seantero Ukraina Gemetar, Ternyata Rusia Pernah Picu Bencana Paling Mematikan dalam Sejarah Kala Menjajah, Lebih Buruk dari Hiroshima

Cerita mengenai PLTN Chernobyl pernah diangkat menjadi serial oleh HBO berjudul Chernobyl di tahun 2019.

Ternyata, setelah PLTN Chernobyl berhenti beroperasi, Ukraina masih bertanggung jawab untuk meminimalisasi tingkat radiasi dari PLTN tersebut.