Find Us On Social Media :

Inilah ‘Holocaust yang Terlupakan’, Kesaksian Langsung dan Tidak Langsung Holocaust di Ukraina yang Masih Jadi Kontroversi Penjelasan Sejarah, Hingga Terlibat Konflik dengan Rusia

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 26 Februari 2022 | 13:15 WIB

Genosida di Ukraina menjadi salah satu alasan terjadi konflik antara Rusia dan Ukraina.

Intisari-Online.com – Disebut-sebut sebagai salah satu alasan penyebab serangan Rusia pada Ukraina, Kamis (24/2/2022), holocaust yang terlupakan ini disebut sebagai sumber ‘perdebatan’ kedua negara itu.

Yayasan Shoah University of Southern California menjadi salah satu lembaga penelitian terkemuka dalam mengumpulkan kesaksian video dan melakukan penelitian ilmiah tentang Holocaust.

Sebagian besar kesaksian yang mereka kumpulkan berasal dari penyintas Yahudi, tetapi ada banyak lainnya, seperti penyintas homoseksual, penyintas Saksi-saksi Yehuwa, penyintas Sinti (Gipsi), dan mereka yang terkena pengadilan kejahatan perang, penyelamat, hingga tahanan politik.

Yayasan Shoah memiliki keahlian khusus mengenai Holocaust di Ukraina, tetapi melakukan penelitian pada sejumlah kejadian serupa lannya, seperti Pembantaian Nangjing, dan genosida Tutsi Rwanda.

Steven Spielberg mendirikan Yayasan itu pada tahun 1994 sebagai warisan untuk filmnya, Schindler’s List.

Sebuah proyek penting saat ini sedang dikembangkan adalah sebuah buku baru oleh seorang sarjana, Dr. Jared McBride.

Penelitian Dr. McBride berfokus pada kompleksitas berbagai entitas yang terlibat dalam Holocaust, pembersihan etnis, dan kekerasan partisan yang terjadi di Ukraina barat pada tahun 1941 pada saat invasi Nazi Jerman.

Arsip video yang ekstensif telah menghasilkan analisis yang jauh lebih bertekstur dan canggih tentang apa yang terjadi selama periode ini.

Baca Juga: Video Lama Krematorium Bergerak Rusia Kembali Muncul, Dikhawatirkan Alat itu Bisa Digunakan untuk 'Melenyapkan' Tentara Rusia yang Tewas dalam Invasi

 Baca Juga: Jadi Target Nomor Satu Rusia, Presiden Ukraina: ini Mungkin Terakhir Kali Anda Melihat Saya Hidup

Ini menyatukan kisah bersejarah yang menantang narasi tipikal baik-lawan-jahat.

Untuk Ukraina barat, Holocaust terjadi jauh sebelum Solusi Akhir Hitler yang jauh lebih dikenal.