Find Us On Social Media :

Gempar Rusia Lakukan Operasi Militer ke Ukraina, PBB Langsung Turun, Ternyata Wakil Ukraina Ini Sebut Upaya PBB Sudah Terlambat, Begini Ucapannya!

By Afif Khoirul M, Jumat, 25 Februari 2022 | 16:35 WIB

(Ilustrasi) Presiden Rusia Vladimir Putin Resmi Umumkan Operasi Militer di Ukraina

Intisari-online.com - Serangan Rusia ke Ukraina telah mendapat sorotan dari banyak pihak.

Termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang langsung melakukan rapat darurat untuk membahas situasi di Ukraina.

Pada 24 Februari, pasukan Rusia memasuki wilayah Ukraina yang memisahkan diri.

Pada saat itu Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan dengan 15 anggota untuk menemukan cara mengurangi ketegangan antara Moskow dan Kiev.

"Pada saat yang tepat ketika kami bertemu untuk mencari solusi damai, Presiden Rusia Putin telah menyampaikan pesan tentang perang," kata Linda Thomas Greenfield, duta besar AS untuk PBB, setelah mengetahui operasi militer Rusia di Ukraina timur.

"Dia sangat membenci Dewan ini," imbuhnya.

"Keputusan itu diumumkan pada saat Dewan Keamanan sedang bersidang," kata Duta Besar Prancis untuk PBB Nicolas de Riviere.

"Itu menunjukkan pengabaian Rusia terhadap hukum internasional dan PBB," tambahnya.

Baca Juga: Digadang-gadang Bakal Segera Digunakan Usai Pede Hantam Ukraina, Hak Veto Rusia di PBB Bakal Pecahkan Rekor, Semakin Tak Tertandingi Negara Mana pun

Baca Juga: Bak Sudah Tahu Jika Rusia Bakal Serang Ukraina, China Beri Instruksi Khusus Soal Pemberitaan Terkait Konflik di Donbass, Ini Isinya Sebelum Dihapus

Setelah mendengar tentang situasi di Ukraina, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan itu adalah "momen paling menyedihkan" selama lima tahun bekerja di PBB.

"Atas nama kemanusiaan, Presiden Putin, tarik pasukan Anda kembali ke Rusia. Konflik ini harus diakhiri sekarang," kata Guterres.