Find Us On Social Media :

Orang Jerman Ini Nekat Sebrangi Lautan dari Jerman Hingga Australia Cuma Bermodalkan Kayak, Begitu Melintasi Indonesia Justru Mendapat 'Malapetaka' Ini

By Afif Khoirul M, Selasa, 22 Februari 2022 | 15:56 WIB

Oskar Speck melakukan perjalanan dari Jerman ke Australia dengan Kayak.

Intisari-online.com - Oskar Speck lahir pada tahun 1907 di Ulm, dekat Hamburg, Jerman.

Setelah lulus, ia memulai bisnis sebagai kontraktor listrik, mempekerjakan 21 orang.

Sejak akhir 1920-an, ia juga dikenal di Jerman sebagai pemain kayak yang antusias.

Pada tahun 1932, bisnisnya runtuh karena Depresi Hebat dan, seperti jutaan orang Jerman lainnya, Speck menemukan hidupnya di persimpangan jalan.

Setelah mengetahui bahwa dia mungkin dapat menemukan pekerjaan di tambang tembaga Siprus, Speck membuat sebuah rencana.

Idenya adalah menggunakan kontak kayak dengan Pionier Faltboot Company, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan kayak.

Lalu membujuk mereka untuk mensponsori perjalanan kayak ke Siprus.

Dia akan melaporkan ke berbagai media, membuat pemasaran merek yang baik untuk perusahaan itu, alhasil Pionier menerima tawarannya.

Baca Juga: Kisah Mata-Mata Jerman, Berkunjung ke Indonesia Malah Kepincut Pesona PSK Indonesia, Sampai Nekat Selewengkan Uang Dinas Demi Foya-Foya, Endingnya Malah Terjerat Skandal

Baca Juga: Suasana Eropa Makin Mencekam, Tentara AS Tiba di Dekat Ukraina, Siap Bergabung dengan NATO untuk Hadapi Ancaman Invasi Rusia

Pada Mei 1932, ia menjual barang-barangnya dan berangkat dari Hamburg dengan kayak Sunnschien (sinar matahari) lalu dua tempat duduk yang dapat dilipat.

Kayak itu sudah dimodifikasi untuk sekali pakai dan ruang penyimpanan, kamera, pakaian, pistol, dokumen, bagan layar, dan kompas.