Find Us On Social Media :

Kisah Marina Raskova, Wanita Soviet Pertama yang Jadi Navigator Udara Profesional, Pemilik Gagasan Skuadron ‘Penyihir Malam’ Selama Perang Dunia 2 yang Sangat Ditakuti Jerman

By K. Tatik Wardayati, Senin, 10 Januari 2022 | 16:10 WIB

Marina Raskova, wanita Soviet pertama yang menjadi navigator pesawat perang, tergabung dalam 'Penyihir Malam' selama Perang Dunia 2.

Intisari-Online.com – Inilah Marina Raskova, gagasan di balik resimen pembom malam yang kesemuanya adalah wanita yang dikenal selama Perang Dunia Kedua.

Penyihir malam ini sangat ditakuti oleh Nazi, sehingga setiap penerbang Jerman yang dapat menjatuhkannya dianugerahi Salib Besi.

Siapakah Marina Raskova?

Marina Raskova (nee Malinina) lahir di Rusia pada 28 Maret 1912.

Sebagian besar penerbang Soviet tertarik pada penerbangan sejak usia dini, namun tidak dengan Marina, bahkan menjadi pilot-navigator adalah pilihan karier keduanya.

Dia awalnya ingin menjadi penyanyi opera, tetapi sayangnya, infeksi telinga yang parah dan kekurangan uang memaksanya untuk membuat keputusan yang lebih praktis, dia berhenti dari musik dan mulai belajar kimia dan teknik di sekolah menengah.

Pada tahun 1929, ia mulai bekerja di pabrik pewarna sebagai ahli kimia, dan di sanalah dia bertemu dengan insinyur Sergey Raskov yang kemudian menikahinya.

Baru pada tahun 1931, Marina tertarik pada penerbangan setelah bekerja sebagai juru gambar di Laboratorium Navigasi Aero di Akademi Angkatan Utara.

Baca Juga: ‘Saya Hancurkan Bajingan Ini. Biar Musuh Tahu Betapa Hebatnya Gadis-gadis Kita!’ Inilah Kisah Para Pilot Wanita Pemberani Uni Soviet pada Perang Dunia II

Baca Juga: ‘Penyihir Malam’, Ditakuti Bahkan Diberi Hadiah yang Bisa Menjatuhkannya, Inilah Cara Pasukan Terbang Wanita Uni Soviet Bertarung Melawan Jerman

Pada tahun 1933, Marina  Raskova bergabung dengan Angkatan Udara Militer Soviet, Voyenno-Vozdushney Sily (VVS).

Pada tahun 1934, dia menjadi wanita Soviet pertama yang memenuhi syarat sebagai navigator penerbangan setelah lulus dari Institut Penelitian Ilmiah Angkatan Udara Leningrad.