Find Us On Social Media :

Pilot Petarung Wanita Pertama dalam Sejarah Amerika Ini Dihormati Saat Pemakamannya dengan Manuver Pesawat Terbang oleh Pilot yang Kesemuanya Wanita

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 9 Maret 2021 | 13:00 WIB

Manuver pesawat di atas pemakamannya dilakukan untuk menghormati pemakaman pilot wanita petarung pertama ini.

Intisari-Online.com – Wanita di Angkatan Bersenjata Amerika kebanyakan bekerja dan dibatasi pada pekerjaan administrasi dan jabatan lain yang hanya menawarkan sedikit kemajuan dalam militer.

Namun, wanita seperti pensiunan Kapten Rosemary Mariner mengubah pola pikir itu.

Berkat dia, dan orang lain sepertinya, wanita sekarang sudah tidak berbeda di jajaran personel Angkatan Bersenjata Amerika.

Dan Angkatan Laut mengucapkan ‘terima kasih’ kepadanya dengan cara yang sangat istimewa.

Baca Juga: ‘Saya Hancurkan Bajingan Ini. Biar Musuh Tahu Betapa Hebatnya Gadis-gadis Kita!’ Inilah Kisah Para Pilot Wanita Pemberani Uni Soviet pada Perang Dunia II

Terdapat dua jembatan layang pertama yang dinamai dengan nama perempuan setelah pemakamannya pada tanggal 2 Februari 2019.

Juru bicara Angkatan Udara Atlantik, Komandan Dave Hecht, menjelaskan kepada United States Naval Institute News service (USNI News) bahwa karier Mariner adalah contoh menonjol dari dinas militer yang baik, tidak hanya untuk wanita, tetapi untuk semua personel.

Dia mencapai banyak "pengalaman pertama" selama bertahun-tahun bersama Angkatan Laut, yang dimulai pada awal 1970-an dan berlanjut hingga akhir 1990-an.

Mariner adalah salah satu wanita pertama yang mendapatkan sayap pilot, yang disebut "sayap emas."

Baca Juga: Kisah Hazel Ying Lee, Pilot Wanita Keturunan China-Amerika pada Perang Dunia II yang Melanggar Batas Budaya, Namun Tak Pernah Diakui Perannya