Find Us On Social Media :

Terinspirasi 'Top Gun', Misa Matsushima jadi Pilot Jet Tempur Pertama Jepang, Ini Pesawat Canggih yang Dikemudikannya

By Intisari Online, Jumat, 24 Agustus 2018 | 19:15 WIB

Intisari-Online.com - Pilot perempuan pertama jet tempur Jepang mengatakan, dia terinspirasi setelah menonton film Top Gun.

Letnan Satu Misa Matsushima resmi dilantik sebagai pilot jet tempur dalam upacara yang berlangsung Jumat (24/8/2018), seperti dilansir CNN.

Matsushima berkata, dia menonton film yang dibintangi Tom Cruise dan Kelly McGillis pada 1986 tersebut ketika masih berstatus siswa SD.

"Semenjak saya menonton film tersebut, saya mengagumi posisi sebagai pilot jet tempur," kata tentara berusia 26 tahun itu.

Baca juga: Kumpulan Foto Menakjubkan Saat 2,5 Juta Orang Berkumpul di Mekkah untuk Ibadah Haji

Kekagumannya membawa warga asli Yokohama tersebut masuk ke Akademi Pertahanan Nasional, dan lulus di 2014.

Setelah mendapatkan lisensi pilot di 2016, dia mulai fokus untuk melakoni latihan menjadi pilot pesawat tempur bersama lima orang koleganya.

"Sebagai pilot perempuan pertama jet tempur, saya bakal berjuang untuk memenuhi ekspektasi publik. saya harap bisa menginspirasi yang lain," ujarnya.

Setelah dilantik, Matsushima bakal ditempatkan di Pangkalan Udara Nyutabaru, dan mendapat kewenangan mengemudikan F-15J.

Baca juga: 'Doyan Ngutang', Orang Amerika Sudah 'Terlilit' Utang Hingga Ratusan Juta Rupiah di Usia Belasan Tahun

F-15 merupakan jet tempur yang bisa mencapai kecepatan 2,5 Mach, atau 3.086 km per jam. Pesawat itu juga mampu membawa delapan radar dan rudal inframerah.

"Saya berharap Matsushima bisa melewati berbagai kerikil yang ada di depannya, dan menjadi panutan bagi wanita yang ingin seperti dirinya," kata sang instruktur, Osamu Uemori.

Dalam kicauan di Twitter, JASDF mengatakan awalnya tidak menerima tentara wanita hingga 1993. Setelah itu, sejumlah posisi mulai dibuka bagi wanita.