Find Us On Social Media :

Saat Seisi Bumi Ketar-ketir dengan Situasi di Ukraina, Siapa Sangka Taiwan Juga Sedang Memanas, China Kerahkan Pasukan di Darat, Laut, dan Udara?

By May N, Senin, 21 Februari 2022 | 15:55 WIB

Ilustrasi serangan udara oleh China ke Taiwan membawa bendera Taiwan pada 7/10/2021

Intisari - Online.com - Badan Pertahanan Taiwan menemukan bahwa helikopter anti-kapal selam Ka-28 milik tentara China terbang ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan untuk pertama kalinya pada 16 Februari, South China Morning Post melaporkan hari ini.

Helikopter Ka-28 adalah versi ekspor dari helikopter anti-kapal selam Ka-27 rancangan Soviet yang dirancang untuk melacak dan menghancurkan kapal selam.

Menurut Yue Gang, pensiunan pejabat militer China, helikopter Ka-28 dapat menemani kapal perang seperti fregat Tipe 054A atau kapal perusak Tipe 052, yang digunakan untuk mendeteksi dan menyerang kapal selam berkat keunggulan fleksibilitas dan kecepatan.

Selain itu, Fu Qianshao, ahli peralatan Angkatan Udara China, mengatakan bahwa helikopter Ka-28 merupakan pesawat multi fungsi yang tidak hanya digunakan untuk keperluan anti kapal selam, tetapi saat membawa rudal juga digunakan untuk anti -peperangan kapal selam.dapat melakukan serangan terhadap target darat.

Para ahli percaya bahwa helikopter itu berpartisipasi dalam latihan melawan Taiwan dan kemungkinan besar lepas landas dari kapal perang militer China terdekat yang belum terdeteksi oleh Taiwan.

“Taiwan sangat sensitif terhadap helikopter karena ini pertama kali terdeteksi, dan itu menunjukkan bahwa China melepaskan semua peralatan yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk latihan militer anti-Taiwan, yang berfokus pada anti- perang kapal selam," kata Tuan Yue.

Pada saat yang sama, Yue mengatakan bahwa kehadiran pertama helikopter anti-kapal selam Ka-28 menunjukkan bahwa China sedang bersiap untuk menghadapi potensi pengembangan kapal selam Taiwan.

"China perlu melakukan latihan sebelum kapal selam domestik Taiwan mulai beroperasi untuk lebih memahami perairan sekitarnya dan kondisi empat kapal selam Taiwan yang digunakan," kata Yue.

Baca Juga: Membentang 8.000 Km Jauhnya dari Ukraina, Siapa Sangka Negara Ini Malah Jadi yang Paling Ketar-ketir Jika Sampai Rusia Menang Perang, Kudu Siap Dicaplok Raksasa

Baca Juga: Saat Seisi Bumi Dialihkan Dengan Kabar Rusia-Ukraina, Ternyata Rencana China Invasi Taiwan Juga Masih Berlanjut, Begini Kabar Terbarunya

Sebelumnya, Taiwan mengumumkan bahwa mereka diharapkan untuk menyelesaikan pembangunan kapal selam domestik pertamanya pada tahun 2024, bagian dari rencana untuk membangun total delapan hingga 12 kapal selam.

Taiwan juga mengatakan AS dan Eropa mendukung proyek kapal selam pulau itu.