Find Us On Social Media :

Larang Iron Dome Dikirim ke Ukraina, Rupanya Kubah Besi yang Lindungi Israel Bertahun-tahun dari Serangan Rudal Ini Berhasil Ditembus Rudal Sijeel Hamas

By Tatik Ariyani, Kamis, 17 Februari 2022 | 10:56 WIB

Iron Dome

Intisari-Online.com - Di tengah ancaman invasi Rusia, Ukraina memperkuat sistem pertahanannya.

Ukraina bahkan dilaporkan mencoba untuk memperoleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel. Namun, upaya tersebut tidak berhasil.

Menurut portal berita Israel Ynet News, Amerika Serikat (AS) tampaknya menolak untuk menjual sistem Iron Dome ke Ukraina.

Karena AS berkontribusi pada pengembangan Iron Dome, penjualan Iron Dome kepada pihak ketiga memerlukan persetujuan kedua negara.

AS sendiri hanya memiliki dua baterai Iron dome, yang pengirimannya telah selesai pada Januari tahun lalu.

Sementara itu, Israel rupanya juga menghentikan upaya AS untuk mentransfer baterai rudal Iron Dome ke Ukraina, melansir The EurAsian Times, Rabu (16/2/2022).

Menurut beberapa media, termasuk The Times of Israel, Israel khawatir bahwa hal itu dapat membahayakan hubungannya dengan Rusia.

Sistem pertahanan udara Iron Dome alias Kubah Besi merupakan andalan Israel untuk melindungi wilayahnya dari serangan via udara.

Baca Juga: Israel Begitu Pelit, Larang AS Kirim Sistem Pertahanan Iron Dome ke Ukraina di Tengah Ancaman Invasi Rusia, Rupanya Hubungan Israel dan Rusia Ini Jadi Pemicunya

 Baca Juga: Jelas-jelas Israel Lakukan Kejahatan Perang, AS Malah Gelontorkan Rp14 Triliun untuk Pasok Iron Dome ke Israel Meski Banyak Ditentang

Istilah kubah besi dipakai untuk menggambarkan sistem pertahanan udara yang benar-benar melindungi seluruh wilayah Israel seperti halnya kubah.

Sistem pertahanan rudal tersebut berfungsi sebagai penangkal rudal yang diluncurkan ke arah Israel.