Find Us On Social Media :

Puncak Kejayaan Kerajaan Tarumanegara Berlangsung di Bawah Kepemimpinannya, Inilah Raja Purnawarman, Saking Hebatnya di Medan Perang hingga Dijuluki 'Harimau Tarumanegara'

By Khaerunisa, Minggu, 6 Februari 2022 | 20:50 WIB

Ilustrasi Raja Purnawarman dari Kerajaan Tarumanegara.

Intisari-Online.com - Kerajaan Tarumanegara merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu tertua di Nusantara.

Didirikan pada abad ke-4, atau lebih tepatnya pada 358 M. Kerajaan ini terletak di tepi Sungai Citarum Jawa Barat.

Sumber sejarah mengenai keberadaan Kerajaan Tarumanegara terdapat dalam catatan perjalanan seorang musafir Tiongkok bernama Fa-Hsien.

Pada 414 M, Fa-Hsien pernah terdampar di To-lo-mo selama lima bulan. Nama To-lo-mo ini diperkirakan sebagai sebutan Tiongkok untuk Kerajaan Tarumanegara.

Selain catatan Fa-Hsien, bukti keberadaan Kerajaan Tarumanegara juga diperkuat dengan prasasti-prasasti peninggalannya.

Pendiri Kerajaan Tarumanegara adalah seorang maharesi dari Salankayana, Bharata, India, yang bernama Jayasingawarman. Ia datang ke Nusantara karena kekacauan dan penjajahan oleh pasukan Maharaja Samudragupta dari Kerajaan Magada di tanah leluhurnya.

Sesampainya di nusantara, Jayasingawarman diterima oleh Raja Dewawarman VIII di Kerajaan Salakanagara. Bahkan Jayasingawarman dinikahkan dengan salah seorang putri Raja Dewawarman hingga akhirnya mendirikan Kerajaan Tarumanegara.

Sementara itu, Raja Purnawarman, yang merupakan cucu Jayasingawarman, menjadi raja yang berhasil membawa Kerajaan Tarumanegara ke puncak kejayaannya.

Baca Juga: Salah Satu Kerajaan Bercorak Hindu-Buddha Tertua di Indonesia, Inilah Kerajaan Kalingga, Berdiri Abad ke-6 hingga Abad ke-7

Baca Juga: Isi Tritura Salah Satunya Turunkan Harga, Seperti Apa Kondisi Ekonomi Indonesia di Masa Demokrasi Terpimpin?

Raja Purnawarman yang Dijuluki 'Harimau Tarumanegara' 

Purnawarman adalah putra Maharaja Dharmayawarman (raja kedua Kerajaan Tarumanegara) dan cucu dari Jayasingawarman