Find Us On Social Media :

Cegah Penularan Varian Omicron Virus Covid-19, Dapatkah Masker KN95 atau N95 Digunakan Kembali? Para Ahli Menjawab ‘Ya’, Tetapi Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 1 Februari 2022 | 17:05 WIB

Masker N95 atau KN95 dapat digunakan kembali, asalkan...

Intisari-Online.com – Dengan varian omicron yang sangata menular dari Covid-19 yang mulai ‘unjuk gigi’, para ahli kesehatan masyarakat mendorong orang untuk meningkatkan masker mereka dari  masker kain menjadi masker N95 atau KN95.

Sayangnya masker ini hanya dapat digunakan kembali untuk waktu yang singkat, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah dan bagaimana mereka dapat menggunakan masker wajah N95 atau KN95 dengan aman.

Berikut ini tips dari para ahli untuk mendapatkan hasil maksimal dari masker KN95 atau N95 Anda.

Gunakan masker yang baik

Saat mengenakan masker baru, periksa kecocokan yang pas di sekitar mulut, hidung, dan dagu.

Sebagian besar masker N95 atau KN95 terbuat dari serat polimer sintetis seperti kain yang dirancang untuk menjerat partikel virus.

Perbedaan utama antara keduanya adalah masker N95 adalah standar di Amerika Serikat, sedangkan masker KN95 adalah standar di China.

N95 juga disetujui untuk digunakan dalam pengaturan medis di AS.

Baca Juga: Tembus 10.185 Kasus Hanya dalam 24 Jam, Menkes dan Presiden Jokowi Beri Peringatan Keras, 'Indonesia Bisa Hadapi 150.000 Kasus Covid-19 per Hari'

 Baca Juga: Varian Omicron Saja Sudah Bikin Satu Indonesia Ketar-ketir, Kini Malah Muncul Mutasi Covid-19 yang Lebih Berbahaya dari Varian Omicron, Apa Itu?

Setelah masker terpasang, hindari menyentuh masker sesering mungkin.

Salah satu kesalahan umum adalah membuka masker untuk berbicara dengan orang lain, yang membuat banyak peluang kontaminasi.