Find Us On Social Media :

Setelah 100 Tahun Lebih, Spesies Kelabang Raksasa yang Berasal dari 'Wanita yang Dikutuk oleh Dewa' Ditemukan Hidup di Jepang

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 24 Januari 2022 | 16:20 WIB

Kelabang

Intisari-Online.com - Setelah lebih dari satu abad, akhirnya ada juga satu-satunya spesies kelabang pertama yang diidentifikasi di Jepang.

Scolopendra alcyona, spesies kelabang amfibi raksasa yang baru ditemukan di beberapa pulau di sebuah kepulauan di Jepang. 

Ia adalah spesies kelabang baru pertama yang diidentifikasi di Jepang dalam 143 tahun.

Makhuk ini juga jenis kelabang renang ketiga di seluruh dunia dalam genus Scolopendra, yang mencakup sekitar 100 spesies.

Panjang S. alcyona mencapai 20 sentimeter dengan 20 pasang kaki.

Ia  merupakan lipan terbesar yang diketahui di Kepulauan Ryukyu, rantai sekitar 200 pulau non-vulkanik yang terletak di antara Kyushu, pulau paling selatan Jepang, dan Taiwan.

Melansir Live Science, pada April 2021, pemberian namanya berasal dari  Alcyone, seorang wanita dalam mitologi Yunani yang dikutuk oleh para dewa setelah membandingkan dirinya dengan dewi Hera dan berubah menjadi "burung halcyon", yang sekarang dikenal sebagai kingfisher.

Salah satu kelabang S. alcyona yang dikumpulkan memiliki kaki berwarna hijau giok yang serupa dengan warna kaki kingfisher.

Baca Juga: 100 Tahun Jadi Misteri hingga Bikin Ilmuwan Kebingungan, Sebenarnya Makhluk Apakah Ini yang Berukuran 6 Meter dengan Panjang Lehernya Sendiri 3 Meter

 Baca Juga: Diameter Lubangnya Capai 30 Meter, 'Sumur Neraka' di Yaman yang Dipercaya sebagai Penjara Para Jin dan Pernah Keluarkan Bau Busuk Ini Diteliti, Ternyata Dihuni Berbagai Makhluk

Dalam bahasa Jepang, nama spesies baru ini adalah Ryujin-omukade, yang juga berakar dari mitologi.