Find Us On Social Media :

Disebut 'Tempat Jin Buang Anak' oleh Edy Mulyadi, Faktanya Kalimantan Justru Paling 'Sempurna' untuk Jadi Ibu Kota, Termasuk Dijamin 'Bebas' dari Bencana Alam Ini

By Tatik Ariyani, Minggu, 23 Januari 2022 | 19:45 WIB

Desain istana di ibu kota negara yang baru di Kaltim.

Intisari-Online.comKalimantan menjadi perbincangan setelah munculnya video pendek pernyataan Edy Mulyadi di media sosial.

Dikutip Tribun Banjarmasin dari akun Twitter @YRadiato yang membagikan video Edy Mulyadi, pada 22 Januari 2022, Edy Mulyadi menyuarakan terkait dengan IKN atau Ibu Kota Negara yang akan dipindahkan ke Kalimantan.

Menurut Edy Mulyadi bahwa ibu kota negara akan dipindah ke Kalimantan yang disebutnya sebagai tempat jin membuang anak.

"Bisa memahami enggak, ini ada sebuah tempat elite punya sendiri yang harganya mahal," ujar Edy dari video viral tersebut.

"Punya gedung sendiri lalu dijual pindah ke tempat jin buang anak," sambungnya.

Padahal, Kalimantan terutama Kalimantan Timur (Kaltim) dipilih sebagai Ibu Kota baru karena memiliki beberapa kelebihan, salah satunya dinilai minim bencana.

Melansir Kompas.com, hampir semua daerah di Indonesia rawan bencana gempa bumi.

Karena letak geologis Indonesia berada di tiga pertemuan lempeng tektonik dunia, yakni Indo-Australia, Eurasia, serta Pasifik.

Baca Juga: Heboh 'Nusantara' Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru, Ibu Kota Negara Myanmar Ini Malah Berakhir Jadi Kota Hantu, Padahal Sudah Pindahkan 1.000 Kuburan

Baca Juga: Pindahkan Ibu Kotanya Seperti Indonesia, Junta Militer Myanmar Malah Justru Ciptakan Kota Hantu Sebesar Hampir Tiga Kali Lipat Ibu Kota 'Nusantara' Setelah Ganti Ibu Kota Lawas Ini

Daerah yang relatif aman dari bencana gempa bumi di Indonesia adalah daerah Kalimantan.

Alasannya Pulau Kalimantan tidak terletak di posisi pertemuan lempeng bumi.