Find Us On Social Media :

Berumur 800 Tahun, Salah Satu Koin Emas Terawal di Inggris pada Abad Pertengahan, Ditemukan di Ladang Pertanian, Diperkirakan Nilainya Capai Angka Tujuh Milyar Rupiah di Pelelangan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 21 Januari 2022 | 15:40 WIB

Koin emas Henry III yang ditemukan dengan detektor logam di tanah pertanian.

Intisari-Online.com – Seorang detektor logam amatir menemukan koin emas abad pertengahan yang langka di lahan pertanian di Devon, Inggris.

Pakar koin berspekulasi bahwa sen emas Henry III ini berusia 800 tahun, dan dapat dijual sekitar $546.000 (sekitar Rp7,84 Milyar) pada lelang online yang ditetapkan pada tanggal 23 Januari.

Koin emas tersebut dicetak sekitar tahun 1257, berukuran hampir 2,5 cm, menggambarkan raja Inggris yang memerintah dari tahun 1216 hingga 1272, yang duduk di atas takhta berornamen sambil memegang bola dan tongkat kerajaan.

Koin emas tersebut dianggap sebagai salah satu koin paling awal yang ditemukan di Inggris, karena hanya ada tujuh koin lain dari jenis ini yang diketahui, menurut Nadeem Badshah dari Times.

Koin emas Henry III lainnya berada di British Museum di London, Museum Fitzwilliam di Cambridge dan dalam koleksi pribadi.

Penemu koin tersebut, seorang ahli ekologi yang tidak ingin disebutkan namanya, tidak menyadari bahwa koin itu sangat berharga.

Dia mengunggah foto koin emas tersebut di Facebook, hingga seorang ahli melihatnya.

“Saya kebetulan melihatnya di Facebook dan saya menghubunginya untuk memberi tahu bahwa dia harus menilainya,” kata Gregory Edmund, seorang juru lelenag di Spink & Son, yang melakukan penjualan, kepada Times.

Baca Juga: ‘Tidak! Saya Tidak Bermimpi!’ Harta Karun Sebanyak 239 Koin Emas Langka Ditemukan dalam Kantong Tersembunyi di Dinding Mansion Prancis yang Sedang Direnovasi

 Baca Juga: Penggerebekan di Israel Ungkap Harta Karun 'Raksasa' dari Artefak Curian, Termasuk Koin Emas, Patung Perunggu dan Sarkofagus Mesir, Banyak Ditemukan di Pasar Barang Antik

Edmund menambahkan, bahwa koin emas itu dikenali dari abad pertengahan yang menunjukkan pengaruh langsung pada kehidupan sehari-hari rute perdagangan internasional dari Timur Tengah dan Afrika Utara yang kaya emas.

Ahli ekologi itu mengatakan bahwa dia sedang bekerja di ladang pertanian di kota Hemyock, sekitar 241,4 km barat daya London, ketika detektor logamnya mulai berbunyi.