Find Us On Social Media :

Ditemukan Harta Karun Dalam Kapal Karam Abad Ketiga di Israel, Salah Satunya Cincin Emas dengan Gambar ‘Gembala yang Baik’ yang Diduga Milik Umat Kristen Awal

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 11 Januari 2022 | 16:50 WIB

Cincin emas yang ditemukan dalam kapal karam abad ketiga di Israel.

Intisari-Online.com – Para peneliti menemukan perhiasan dan artefak lainnya dari dua kapal yang tenggelam di kota pelabuhan kuno Kaisarea.

Arkeolog kelautan sedang menyelidiki dua kapal karam di lepas pantai kota pelabuhan kuno Kaisarea di tempat yang sekarang disebut Israel.

Mereka menemukan sebuah cincin emas bertatahkan sosok ‘Gembala yang Baik’ yang digunakan oleh orang Kristen awal.

Cincin itu merupakan bagian dari harta karun yang ditemukan di kapal abad ketiga, termasuk koin Romawi, lonceng yang digunakan untuk mengusir roh jahat, tembikar, dan patung.

Pada abad ketiga, Kaisarea, terletak sekitar 56,33 km di utara Tel Aviv modern, yang merupakan pusat penting bagi Kekaisaran Romawi.

Tempat ini juga merupakan rumah bagi orang-orang dari berbagai etnis dan agama, jelas Helena Sokolov, seorang kurator dari Israel Antiquities Authority (IAA), mengatakan kepada AFP.

“Ini adalah periode ketika Kekristenan baru saja dimulai, tetapi pasti tumbuh dan berkembang, terutama di kota-kota campuran seperti Kaisarea,” kata Helena.

Cincin emas itu berbentuk segi delapan dengan batu permata hijau, sosok gembala muda dengan domba jantan atau doma di pundaknya diukir pada batu permata.

Baca Juga: Lihat! Betapa Indahnya Harta Karun Putri Sit-Hator Yunet, Berisi Emas, Emas, dan Emas, Ditemukan dalam Makam Firaun Senusret II, Terlihat Utuh Tanpa Jamahan Para Penjarah

 Baca Juga: Berusia 3.000 Tahun, Mumi Wanita Ini Ditemukan Telah Diawetkan dengan ‘Sempurna’ di Dalam Peti Mati di Mesir, Lengkap dengan Para ‘Pelayan’ di Akhirat

Ukuran cincin yang kecil menunjukkan bahwa itu mungkin milik seorang wanita.

Sokolov mengatakan bahwa gambar Yesus sebagai seorang gembala yang menggembalakan kawanannya adalah hal yang umum dalam Kekristenan awal, tetapi tidak biasa ditemukan pada sebuah cincin.