Find Us On Social Media :

Majapahit Malah Tak Masuk Daftar, 4 Kerajaan Asal Indonesia Ini Masuk Kerajaan Terlama di Dunia, di Antaranya Ada Kerajaan-kerajaan Islam Ini

By Khaerunisa, Kamis, 20 Januari 2022 | 21:05 WIB

Ilustrasi. Situs kerajaan Sriwijaya.

Intisari-Online.com - Majapahit dikenal sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah Nusantara, tetapi rupanya, Ia tak termasuk kerajaan terlama di dunia.

Seperti banyak diketahui Majapahit berdiri antara abad ke-13 dan ke-16, dan merupakan kerajaan Hindu-Budha terakhir di Nusantara.

Jika bukan Majapahit, kerajaan asal Indonesia mana yang masuk dalam daftar kerajaan terlama di dunia?

Melansir 247wallst.com, ada 100 kerajaan dengan umur terpanjang di dunia, termasuk sejumlah kerajaan yang mungkin tak asing di telinga banyak orang.

Beberapa kerajaan paling terkenal dalam sejarah manusia yang masuk dalam daftar tersebut misalnya Kekaisaran Romawi, Ottoman, Bizantium, dan Kerajaan Inggris.

Sementara yang kurang terkenal tetapi tidak kalah menarik adalah tiga kerajaan yang berjuang untuk supremasi di Korea selama beberapa dekade, yaitu kerajaan Goryeo, Paekche, dan Silla.

Di antara banyak kerajaan yang berbasis di Afrika dalam daftar tersebut, salah satunya adalah Abyssinia (Kekaisaran Ethiopia), yang berhasil menangkis penjajahan Eropa.

Kemudian, salah satu kerajaan yang bertahan paling lama di Amerika Selatan adalah peradaban Wari yang berlangsung selama 500 tahun dan mendahului kedatangan Spanyol selama setengah milenium.

Baca Juga: Dibentuk Setelah Runtuhnya Kerajaan Majapahit, Inilah Kerajaan Karangasem, yang Berdiri Setelah Penguasa Bali dan Lombok Membagi Kerajaannya Jadi Sembilan

Baca Juga: Berdirinya Kerajaan Singasari dan Kisah Pergantian Raja-rajanya yang Diwarnai Dendam Berantai

Dan ternyata, 4 kerajaan dari Indonesia ini termasuk kerajaan yang umurnya paling panjang dalam daftar kerajaan terlama di dunia tersebut.

Mereka ada di 30 besar kerajaan terlama di dunia, berikut di antaranya: