Find Us On Social Media :

Dibentuk Setelah Runtuhnya Kerajaan Majapahit, Inilah Kerajaan Karangasem, yang Berdiri Setelah Penguasa Bali dan Lombok Membagi Kerajaannya Jadi Sembilan

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 20 Januari 2022 | 14:55 WIB

Puri Agung Karangasem, peninggalan Kerajaan Karangasem.

Intisari-Online.com – Kerajaan Karangasem merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu yang berdiri pada abad ke-17 di bagian timur Pulau Bali.

Pada masa jayanya, Kerajaan Karangasem memiliki wilayah kekuasaan hingga Pulau Lombok.

Seperti halnya kerajaan lain di Nusantara, Kerajaan Karangasem pun ditaklukkan oleh Belanda pada tahun 1894, dan berada di bawah kekuasaan pemerintah Hindia Belanda.

Kerajaan Karangasem kemudian berstatus sebagai Daerah Tingkat II Karangasem dalam pemerintahan Provinsi Bali, setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Karangasem berada di bawah kekuasaan Kerajaan Gelgel pada abad ke-16 sampai abad ke-17, dengan rajanya I Dewa Karangamla yang berkedudukan di Selagumi (Balepunduk).

Kemudian, terjadi pemberontakan di Kerajaan Gelgel yang dilakukan patihnya sendiri bernama Rakryan Batanjeruk atau I Gusti Arya Batanjeruk pada tahun 1556.

Namun, pasukan Gelgel berhasil menumpas pemberontakan itu dan memaksa Batanjeruk melarikan diri ke Desa Bungaya, wilayah Karangasem.

Di desa Bungaya itu Batanjeruk berhasil dibunuh oleh pasukan Gelgel, sedangkan istri dan anak angkatnya yang bernama I Gusti Oka melarikan diri ke Desa Budakeling.

Baca Juga: Lebih Beken Disebut Kerajaan Pajajaran, Pecahan dari Kerajaan Tarumanegara, Inilah Kerajaan Sunda dan Galuh, Dua Kerajaan di Jawa Barat yang Berbeda dengan Kerajaan di Jawa Tengah dan Jawa Timur

 Baca Juga: Bersahabat Erat dengan Majapahit Atas Pernikahan Kedua Putrinya dengan Raja dan Bangsawan Kerajaan Majapahit, Inilah Kerajaan Dharmasraya, Muncul Setelah Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya

Mereka menuju kediaman penasihan Kerajaan Gelgel yang bernama Dang Hyang Astapaka.

I Dewa Karangamla yang menjadi penguasa Karangasem ketika itu, tertarik pada kecantikan janda Batanjeruk dan berniat untuk memperistrinya.