Find Us On Social Media :

Mengapa Aswawarman Disebut sebagai Wangsakarta dari Kerajaan Kutai?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 11 Januari 2022 | 17:28 WIB

Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan kutai.

Intisari-Online.com - Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan kutai karena apa?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Kerajaan Kutai Martapura adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang didirikan sekitar abad ke-4.

Letak kerajaan ini berada di daerah Muara Kaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Melansir Kompas.com, keberadaan Kutai diketahui berdasarkan sumber sejarah yang ditemukan, yaitu berupa tujuh Prasasti Yupa yang ditulis dengan huruf Pallawa dengan Bahasa Sanskerta.

Dalam Prasasti Yupa, disebut nama Raja Kudungga yang pertama menduduki takhta Kerajaan Kutai.

Disebut pula bahwa Kudungga memiliki seorang putra bernama Asmawarman yang menjadi raja kedua Kutai.

Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan kutai karena Aswawarman adalah pendiri kerajaan kutai dan pembentuk silsilah keluarga atau dinasti kerajaan kutai.

Asmawarman memiliki tiga orang putra, salah satunya bernama Mulawarman, yang akhirnya menjadi raja dan berhasil membawa Kerajaan Kutai menuju masa kejayaan.

Baca Juga: Inilah Wisnuwardhana, Meski Namanya Tak Sekondang Anak dan Cucunya, Namun Melalui Darahnya Raja-raja dari Majapahit Hingga Singasari Lahir

 Baca Juga: Dapat Keuntungan dari Dendam Sriwijaya, Inilah Kerajaan Kecil yang Sukses Porak-porandakan Kerajaan 'Atasannya', Jadikan Mataram Kuno Lautan Darah

Masa Kejayaan Kerajaan Kutai

Dari Prasasti Yupa, dapat diketahui bahwa masa kejayaan Kerajaan Kutai berlangsung ketika diperintah oleh Raja Mulawarman.