Find Us On Social Media :

Hingga Kini Aktivitasnya Masih Membuat Jawa Tengah Bergejolak, Letusan Gunung Ini Konon Mengubah Sejarah Kerajaan Mataram Kuno

By Khaerunisa, Senin, 10 Januari 2022 | 21:05 WIB

Erupsi Gunung Merapi.

Intisari-Online.com - Kerajaan Medang merupakan salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Nusantara.

Kerajaan ini juga dikenal dengan nama Kerajaan Medang Kamulan.

Terletak di Jawa Timur, Kerajaan Medang merupakan lanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah.

Banyak peninggalan Kerajaan Medang Kamulan yang menjadi saksi sejarah berdirinya kerajaan Hindu ini, seperti Prasasti Mpu Sindok dan Prasasti Bangli.

Mpu Sindok adalah raja pertama Kerajaan Mataram Kuno periode Jawa Timur atau Kerajaan Medang ini.

Ada perbedaan pendapat mengenai asal-usul Mpu Sindok, tapi yang pasti Mpu dialah sosok yang memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur pada 929 M.

Mpu Sindok juga mendirikan dinasti baru, yaitu Wangsa Isyana atau Isana. Istilah Wangsa Isyana dapat dijumpai dalam Prasasti Pucangan yang dikeluarkan Raja Airlangga pada 1041 M.

Setelah naik takhta pada 929 M, ia bergelar Sri Maharaja Rakai Hino Sri Isana Wikramadharmottunggadewa dan berkuasa hingga 947 M.

Baca Juga: Perkara Cinta Berbuah Petaka, Inilah Pralaya Medang, 'Hancurnya Dunia' Gegara Kandasnya Ambisi Seorang Raja Nikahi Putri Mataram Kuno

Baca Juga: Selama Ini Langsung Nyemplung Tempat Sampah, Ampas Teh Malah Bisa Bersihkan Seluruh Sudut Rumah Bahkan Noda Toilet, Sia-sia Semua Sampah Ampas Teh yang Kita Buang

Sementara mengenai perpindahan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno, juga terdapat beberapa alasan yang diperkirakan menjadi penyebabnya.

Salah satunya adalah karena faktor bencana alam, yaitu meletusnya Gunung Merapi.