Find Us On Social Media :

Capai Puncaknya pada Masa Pemerintahan Hayam Wuruk, Tiga Bidang Ini Buktikan Keberadaan Kerajaan Majapahit di Puncak Kejayaan, Hasil Seninya Bahkan Diminati Sampai Sekarang

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 28 Desember 2021 | 14:55 WIB

Candi Penataran, salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit.

Intisari-Online.com – Pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk-lah Kerajaan Majapahi mencapai puncak kejayaannya.

Merupakan putra dari Ratu Tribhuwana Tunggadewi (1328-1350), Hayam Wuruk naik takhta pada tahun 1350 M, menggantikan ibunya.

Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk ini dianggap sebagai masa keemasan kerajaan Majapahit.

Hal tersebut dikarenakan kedamaian yang lama dinantikan akhirnya dapat terwujud, karena pada masa pemerintahan Hayam Wuruk jarang terjadi konflik, kecuali peristiwa Pasundan-Bubat (1357 M).

Baca Juga: Jadi Pahlawan Besar Terkenal di Asia Tenggara, Tetapi Mengapa Nama Gajah Mada Sang Mahapatih Kerajaan Majapahit Ini Tidak Dikenal di Jawa Barat? Tragedi Ini Rupanya Jawabannya!

 

Tidak hanya itu, banyak daerah di wilayah Nusantara yang mengakui kemegahan kerajaan Majapahit, dengan bukti adanya penyerahan upeti secara sukarela dari mereka.

Kemajuan juga dialami oleh masyarakat, terutama mereka yang tinggal di pesisir pantai, yang bekerja sebagai pedagang.

Wayang Beber menjadi jenis kesenian yang diminati oleh para pedagang pribumi.

Mereka sangat kaya, dibuktikan dengan kegiatan para pedagang pribumi itu yang membeli batu-batu perhiasan, barang pecah-belah seperti porselin China, minyak wangi, kain sutra, dan katun.

Baca Juga: Minta Bantuan Tiongkok, 3 Orang Raja di Nusantara Pernah Membelot dari Majapahit dan Akhirnya Dibinasakan Majapahit dengan Cara Begini