Find Us On Social Media :

Israel Ketakutan, Sekutu Barunya Ini Justru Makin Dekat dengan Musuhnya Iran, 'Ini Sangat Mengkhawatirkan Bagi Israel'

By Tatik Ariyani, Senin, 6 Desember 2021 | 17:47 WIB

Naftali Bennett, Perdana Menteri Israel yang baru.

Intisari-Online.com - Perkembangan hubungan sekutu baru Israel (Uni Emirat Arab - UEA) yang lebih dekat ke musuh bebuyutannya Iran membuat Israel khawatir.

Pengumuman oleh seorang pejabat Emirat bulan lalu bahwa delegasi dari UEA dijadwalkan untuk mengunjungi Iran dalam waktu dekat adalah penyebab kekhawatiran terbaru di Yerusalem.

Namun, sambil memantau peristiwa dengan cermat, Israel memiliki keyakinan pada hubungan yang dijalin dengan UEA.

Di sisi lain, hubungan di Timur Tengah bisa berubah-ubah. Apa yang tampak stabil suatu hari mungkin mengalami pergolakan di hari berikutnya.

Baca Juga: Sempat Bikin Seisi Bumi Ketar-Ketir, Ilmuwan Malah Ungkap Skenario Baik dan Buruk Dari Munculnya Covid-19 Varian Omicron, Malah Bisa Jadi Petanda Ini Baik Ini

“Ini sangat mengkhawatirkan bagi Israel,” kata Dr. Moran Zaga, pakar negara-negara Teluk dari Universitas Haifa dan Mitvim – Institut Kebijakan Luar Negeri Regional Israel, melansir The Jerusalem Post, Senin (6/12/2021).

“Pendekatan akan datang dengan harga. Semakin dekat ke Iran dan semakin dekat ke Israel tidak bekerja sama.”

Israel dan UEA menjalin hubungan diplomatik penuh pada tahun 2020.

Perjanjian itu datang sebagai bagian dari Kesepakatan Abraham yang menormalkan hubungan antara Israel dan empat negara: UEA, Maroko, Bahrain, dan Sudan.

Baca Juga: Pantas Saja Israel Takutnya Setengah Mati dengan Iran, Demi Hambat Senjata Nuklir Iran Saja Israel Sampai Kerahkan 1.000 Penyusup Untukl Lakukan Hal Gila Ini