Find Us On Social Media :

Pernah Terjadi di Indonesia, Foto-foto Gunung Berapi Ini Keluarkan Lava Ajaib, Terlihat Api Berwarna Biru Cerah, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 6 Desember 2021 | 15:15 WIB

Lava yang keluar dari Kawah Ijen berwarna biru cerah, apa yang terjadi?

Intisari-Online.com – Terjadi sekitar bulan Februari 2014, jagat situs internet sempat heboh dengan foto-foto spektakuler fotografer ini.

Foto-foto spektakuler fotografer Olivier Grunewald, mengetengahkan gunung berapi  Kawah Ijen di Indonesia.

Fotografer Prancis ini mengambil dokumentasi selama pembuatan film dokumenter baru yang dia rilis bersama presiden Masyarakat Vulkanologi Jenewa, Regis Etienne.

Baca Juga: Miliki Gunung Berapi yang Siap Meledak Kapan Saja, Ternyata Inilah Gunung Berapi Paling Mematikan dan Berbahaya di Indonesia, Ledakannya Pernah Tewaskan 100.000 Orang Eropa

Foto-foto tersebut diambil tanpa bantuan filter atau peningkatan digital apa pun, menunjukkan bahwa pancara biru elektrik yang menakjubkan berasal dari gunung berapi itu.

Cahaya biru ini, tidak biasa untuk gunung berapi, bukan lava itu sendiri, karena dapat dibaca di banyak situs web,” jelas Grunewald.

Kalau bukan lava itu sendiri yang membuatnya berwarna biru, karena kita tahu bila lava menampilkan warna merah kekuningan di foto, lalu apa sebenarnya?

Baca Juga: Mengharukan! Terperangkap Selama 60 Jam Setelah Letusan Gunung Berapi Nevado del Ruiz di Kolombia, Gadis Ini Diberi Makan dan Diwawancarai Jurnalis Saat Sekarat