Find Us On Social Media :

Jelma Jadi Seekor Kura-kura Raksasa, Dewa Wishnu Gendong Gunung Mahameru dari India untuk Ditempatkan di Atas Pulau, Inilah Asal Mula Pulau Jawa Menurut Kitab Peninggalan Kerajaan Majapahit

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 30 November 2021 | 13:20 WIB

Beginilah asal mula pulau Jawa menurut Kitab Tantu Pagelaran, karya sastra peninggalan Kerajaan Majapahit.

Intisari-Online.com – Dari sejarah, kita mengetahui bahwa Kerajaan Majapahit berkuasa hampir dua abad lamanya dengan menguasai hampir seluruh daerah di Nusantara.

Keberadaan Kerajaan kuno terbesar ini bisa dilihat dari candi-candi peninggalannya yang terletak di sekitar Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan Sumatera Utara.

Dari seni sastra yang berkembang pesat di Kerajaan Majapahit, selain prasasti, beberapa kitab yang termasyur juga menjadi bukti keberadaan Kerajaan Majapahit.

Kita mengenal Kitab Negarakertagama, Pararaton, dan Sutasoma yang bahkan salah satu isinya menjadi semboyan negara Indonesia.

Baca Juga: Gambarkan Kesedihan Hayam Wuruk Saat Hari Ketujuh Kematian Ibundanya, Salah Satu Tarian Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Hilang Tanpa Jejak

Selain kitab sastra tersebut, terdapat juga Kitab Tantu Pagelaran.

Kitab Tantu Pagelaran atau Tangtu Panggelaran adalah Kitab Jawa Kuno yang menggunakan bahasa Jawa Kawi.

Kitab Tantu Pagelaran ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit sekitar abad ke-15, ysnh berkisah tentang legenda asal mula pulau Jawa.

Dikisahkan dalam Kitab Tantu Pagelaran, bahwa Batara Guru atau Shiwa memerintahkan dewa Brahma dan Wishnu, untuk mengisi pulau Jawa dengan manusia.

Baca Juga: Dimulai dari Raden Wijaya Hingga Puncak Kejayaan pada Masa Pemerintahan Hayam Wuruk dan Berkuasa Hingga Hampir Dua Abad, Inilah Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Bisa Jadi Bukti Keberadaannya