Find Us On Social Media :

Gambarkan Kesedihan Hayam Wuruk Saat Hari Ketujuh Kematian Ibundanya, Salah Satu Tarian Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Hilang Tanpa Jejak

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 25 November 2021 | 09:35 WIB

Tarian Mayang Rontek dari Mojokerto, dianggap sebagai peninggalan Majapahit?

Intisari-Online.com – Kerajaan kuno di Indonesia dan terkenal karena berhasil menyatukan nusantara adalah Kerajaan Majapahit.

Bukti keberadaan Kerajaan Majapahit dapat diketahui dari beberapa  peninggalannnya, termasuk candi, prasasti, dan kitab sastra.

Tidak hanya itu, berbagai jenis tari-tarian juga menjadi salah satu dari banyak peninggalan kerajaan tua ini.

Sayangnya, berbagai jenis tari-tarian yang berasal dari zaman Kerajaan Majapahit yang berpusat di Situs Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, hilang tanpa jejak.

Baca Juga: Sohor Memiliki Perundang-undangan yang Lengkap, Siapa Sangka Majapahit Sudah Punya Pasal Khusus LGBT, Benarkah Diancam Hukuman Mati?

Meski demikian, sejumlah seniman dan praktisi tari di Kabupaten Mojokerto, kesulitan melacak jejak bentuk dan aneka gerak tari yang hidup dan berkembang di masa itu.

Kesulitan tersebut terjadi karena tidak ada refernsi apa pun soal tari-tarian Majapahit, demikian menurut Setu (47), salah seorang seniman tari yang konsisten menciptakan beragam bentuk koreografi tari Majapahit, melansir Kompas.com (11/11/2009).

Sumber-sumber, baik yang tertulis maupun cerita lisan yan berkembang, tidak ada yang menyebutkan soal kekayaan tinggalan budaya berupa tari-tarian itu.

“Hilang sama sekali tidak berjejak,” kata Setu.

Baca Juga: Dipercaya Sebagai ‘Paku Bumi’ Pulau Jawa Agar Tidak Terombang-ambing di Lautan Luas, Punya Makna Sakral bagi Umat Hindu, Inilah Fakta Gunung Semeru yang Termaktub dalam Kitab Peninggalan Majapahit