Find Us On Social Media :

Tukang Melampiaskan Dendam pada Musuh, Inilah Hathor: Ibu Para Firaun yang Jadi Tokoh Utama Agama Mesir Kuno 'Wariskan' Alat-alat Ini di Bukit Firaun

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 28 November 2021 | 10:52 WIB

(Ilustrasi) Dewi Kesuburan Hathor

Intisari-Online.com - Para arkeolog di Mesir telah menemukan alat yang digunakan dalam pemujaan dewi kesuburan Hathor, termasuk pilar batu kapur yang mirip dengannya. 

Instrumen baru itu ditemukan awal bulan September di situs Buto, sebuah kota kuno di zaman modern Kafr El-Sheikh, sekitar 80 mil utara Kairo di Delta Nil.

Alat-alat tersebut antara lain pembakar dupa, sumur untuk air suci, kursi bersalin kecil dan sisa-sisa serpihan emas yang digunakan untuk menyepuh benda-benda lain.

Mereka berasal dari Periode Akhir Mesir, antara 664 dan 332 SM, kata para peneliti melansir Daily Mail pada Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Inilah Pertempuran Kadesh, Pertarungan yang Libatkan 5.000 Kereta Perang hingga Kisahnya Diukir Firaun Ramses II di Kuil Raksasa Abu Simbel

Penemuan itu dilakukan selama penggalian sebuah kuil di situs yang dikenal sebagai Tell El Fara'in, atau 'Bukit Firaun'.

Di tempat itu, para peneliti juga menemukan prasasti dengan nama raja-raja Mesir yang memerintah lebih dari 2.500 tahun yang lalu.

"Ini adalah salah satu penemuan penting karena termasuk alat yang benar-benar digunakan dalam melakukan ritual keagamaan sehari-hari untuk dewi Hathor," kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Kementerian Pariwisata Mesir, dalam sebuah pernyataan. 

Ketika menggali kompleks, yang dikenal sebagai Kuil Firaun, para arkeolog juga menemukan kamar mandi bata lumpur dengan baskom kecil, bejana untuk memanaskan air, dan bak dengan sistem pipa primitif, menurut Hossam Ghoneim, direktur jenderal barang antik di Kafr El-Sheikh. 

Baca Juga: Abu Simbel: Kuil Agung Firaun Ramses II yang 3.000 Tahun Berdiri di Tepi Sungai Nil Tapi Bergerak 180 Meter dari Tempat Aslinya, Kok Bisa?