Find Us On Social Media :

Tak Bisa Lagi Tutup Mata Kesenjangan Ekspor Bahan Mentah Indonesia, Jokowi Ramai-ramai Hentikan Hasil Tambang Besar Indonesia Mulai Timah Sampai Hasil Bumi Indonesia Ini

By May N, Kamis, 25 November 2021 | 13:47 WIB

Indonesia dikenal sebagai negara yang menghasilkan minyak bumi, batu bara, timah, dan perak.

Intisari - Online.com - Indonesia mungkin akan menghentikan ekspor timah di tahun 2024, seperti dikatakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari cara menarik investor masuk ke dalam sumber daya industri pemrosesan dan memperbaiki keseimbangan eksternal Indonesia.

Rencana ini juga sudah ia utarakan sebulan yang lalu, dengan mengatakan Indonesia sedang merencanakan "mengerem" ekspor semua komoditas mentah.

Melansir Reuters, hal itu ia lakukan untuk menciptakan lapangan kerja juga di Indonesia.

Baca Juga: Kegirangan Punya Harta Karun yang Diprediksi Bisa Membuat Indonesia Kaya Raya di Masa Depan, Media Hong Kong Ini Malah Sebut Pemerintah Indonesia Lakukan Pekerjaan Bodoh Gara-gara Hal Ini

Sementara itu mengutip Channel News Asia, Jokowi juga mengatakan pemerintah mungkin menghentikan memperbolehkan ekspor bauksit tahun depan dan bijih tembaga tahun 2023 mendatang.

Jokowi mengatakan jika Indonesia sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara telah terlalu lama menjual komoditas mentah, yang menurunkan pendapatan ekspor lebih besar Indonesia dan mengurangi jumlah lapangan pekerjaan di industri manufaktur.

Upaya untuk menghentikan ekspor komoditas mentah dan menarik investasi di industri hilir akan memperbaiki keseimbangan keuangan negara saat ini lewat perbaikan di perdagangan Indonesia.

Contoh yang ia gunakan adalah dengan melarang ekspor bijih nikel untuk menarik investasi manufaktur baterai EV atau mobil listrik.

Baca Juga: Susah Mati Walau Diberondong Timah Panas, Beginilah Eksekusi Anggota PKI yang Gunakan Ilmu Kebal Saat Dieksekusi Mati, Konon Bisa Mati Setelah Ucapkan Kalimat Ini