Find Us On Social Media :

Inilah Isi Perjanjian Hudaibiyah yang Jadi Kesepakatan Usai Rombongan Muslim Dihalangi Masuk Mekkah oleh Kaum Quraisy

By May N, Minggu, 7 November 2021 | 08:47 WIB

Penampakan Kota Mekkah dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Intisari - Online.com - Seperti apa isi Perjanjian Hudaibiyah yang dicapai usai rombongan Muslim dihalang-halangi masuk Mekkah oleh kaum Quraisy?

Dibandingkan dengan saat ini ketika semua umat Muslim bisa dengan mudah menuju Mekkah dan melaksanakan ibadah haji ataupun umrah, di zaman Rasulullah ada masa ketika rombongan Muslim kesulitan untuk bisa masuk Mekkah.

Rombongan Muslim dari Madinah pernah dihalang-halangi masuk Mekkah oleh Kaum Quraisy, dan hanya lewat kecerdasan diplomasi Rasulullah SAW sikap Kaum Quraisy bisa dikalahkan.

Hasil diplomasi Rasulullah dengan Kaum Quraisy inilah yang dikenal sebagai Perjanjian Hudaibiyah.

Baca Juga: Sering Jadi Pertanyaan Mengapa Bangsa Spanyol dan Portugis Jadi Pendahulu Penjajahan Bangsa Barat, Semua Dimulai dari Perjanjian Tordesillas yang 'Membagi' Dunia Seperti Ini

Awal mulanya pada tahun 628 M rombongan Muslim Madinah sebanyak 1400 orang berangkat ke Mekkah melaksanakan ibadah umrah.

Mereka bahkan sudah mempersiapkan hewan kurban untuk dipersembahkan kepada Allah ketika itu.

Namun kaum Quraisy di Mekkah menutup Mekkah untuk kaum Muslim karena mereka anti terhadap kaum Muslim Madinah.

Hal ini karena kaum Quraisy sakit hati dengan kekalahan mereka dalam Perang Khandaq.

Baca Juga: Inilah Isi Perjanjian Bongaya yang Jadi Alat Berlakunya Monopoli VOC di Bumi Makassar, Dua Kerajaan di Sulawesi Ini Tumbang Karena Berani Menentangnya