Find Us On Social Media :

Pantesan Dikenal Perkasa Pada Zamannya, Ternyata Firaun Dikenal Punya Banyak Pusaka Hingga Punya Kekuatan Militer, Terkuak Inilah 9 Senjata Rahasia Firaun

By May N, Senin, 25 Oktober 2021 | 16:05 WIB

Firaun Tutankhamun saat berperang dengan busur dan mengendarai kereta perang yang dilukis di makam Tutankhamun

Intisari - Online.com - Militer Mesir Kuno menjadi salah satu pasukan perang terbesar dunia kuno selama periode Kerajaan Baru (1550 SM - 1070 SM), tapi bukan rahasia jika mereka menggunakannya dengan teknologi senjata pinjaman.

Untuk sebagian besar sejarah awal-awal, Mesir bergantung pada gada batu sederhana, tombak berujung kayu, kapak dan busur serta anak panah untuk melawan tetangganya, Nubia dan suku Libya.

Kemudian barulah datang Hyksos, tentara penyerang dari Suriah.

Ia menaklukkan Mesir sekitar tahun 1650 SM dengan senjata yang jauh lebih unggul, yaitu kereta cepat dan busur komposit yang lebih kuat.

Baca Juga: Mumi Firaun Dikenal Sakral dan Mengandung Kutukan, Siapa Sangka Mumi Mesir Kuno Hanya Jadi Barang 'Mainan' Ini oleh Orang Eropa

Selama abad penghinaan asing yang dikenal sebagai Periode Menengah Kedua, orang Mesir mempelajari musuh mereka dengan cermat dan membangun gudang senjata baru yang mematikan berdasarkan desain Suriah.

Ketika Ahmose I membebaskan dan menyatukan kembali Mesir, ia menjadi firaun pertama Kerajaan Baru, zaman keemasan di mana Mesir menggunakan persenjataan yang ditingkatkan dan birokrasi yang efisien untuk memperluas kekaisaran dan menjadi kaya dari upeti asing.

Ini adalah sembilan senjata utama yang mendukung tentara Mesir di puncak kekuasaannya, mengutip History.

1. Tombak dan Perisai Berujung Perunggu

Baca Juga: Jadi Mumi Tertua di Dunia, Bangsawan Kerabat Dekat Firaun Ini Buat Arkeolog Mesir Tercengang, Bukti Kuat Ilmu Mumifikasi yang Diketahui Seluruh Dunia Masih Salah Kaprah!