Find Us On Social Media :

Hanya Soekarno yang Menyaingi, Pangeran Diponegoro Ternyata Juga Petualang Cinta, Ini dia Para Istrinya dengan Kisah Cinta Berbeda-beda

By May N, Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:26 WIB

Pangeran Diponegoro

Intisari - Online.com - Tokoh pahlawan Indonesia, Pangeran Diponegoro, adalah sosok yang berpengaruh untuk Indonesia.

Ia merubah lanskap Pulau Jawa lewat Perang Jawa yang ia pimpin.

Tokohnya sendiri begitu berpengaruh semasa ia hidup, sehingga ia disebut-sebut sebagai Ratu Adil atau juru penyelamat ketika masyarakat Jawa dijajah oleh Bangsa Belanda.

Sosoknya juga dianggap "setengah dewa" oleh pengikutnya.

Baca Juga: Terkuak Inilah Mengapa Pangeran Diponegoro Mendapat Banyak Pengikut, Ternyata Dianggap Sebagai Juru Penyelamat Ini, Beginilah Cerita Perang Diponegoro yang Dianggap Perang Salib

Pangeran Diponegoro ternyata pernah marah dan menampar Patih Yogyakarta yang munafik dan korup, yaitu Danurejo IV (menjabat 1813 - 1847) dengan selop.

Mereka bertengkar karena penyewaan tanah kerajaan kepada bangsa Eropa sebelum Perang Jawa.

Begitulah sifat Pangeran Diponegoro yang terkenal antikorupsi dan cermat dengan uang, yang terbukti dalam pengaturan dana hidup ketika ia diasingkan.

Buku Takdir: Riwayat Pangeran Diponegoro (2014) dan Kuasa Ramalan: Pangeran Diponegoro dan Akhir Tatanan Lama di Jawa (2012) oleh sejarawan Universitas Oxford, Peter Carey, menuliskan ada cerita-cerita yang tidak terduga dari pangeran Diponegoro yang bahkan disebut "lebih aneh dibandingkan khayalan".

Baca Juga: Inilah Jawaban Sebenarnya Mengapa Pemerintah Hindia Belanda Paksa Laksanakan Tanam Paksa