Find Us On Social Media :

Sejarah 'Indah' Kiai Nogo Siluman, Keris Sakti Pangeran Diponegoro yang Dikembalikan ke Indonesia oleh Raja dan Ratu Belanda, Kesaksian Tokoh ini Buktikan Perjalanan Panjangnya

By Maymunah Nasution, Rabu, 11 Maret 2020 | 12:37 WIB

Raja Belanda Willem Alexander menyerahkan sebilah keris milik Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro kepada Presiden Joko Widodo. Keris itu diserahkan secara simbolis saat pertemuan Raja Willem dan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Intisari-online.com - Sebilah keris milik Pangeran Diponegoro yang sempat tidak diketahui kabarnya, akhirnya ditemukan dan dikembalikan ke Indonesia.

Keris ini ditemukan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda, dan beberapa hari kemudian langsung diserahkan ke Museum Nasional Indonesia.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda.

"Saya bahagia bahwa penelitian mendalam ini, yang diperkuat ahli Belanda dan Indonesia, menjelaskan bahwa ini adalah keris yang dicari-cari selama ini."

Baca Juga: Satu Keluarga Tewas Keracunan Setelah Makan Ikan Buntal, Ini Efek pada Tubuh Orang yang Nekat Memakan Ikan Buntal

Keris tersebut diserahkan oleh Raja dan Ratu Belanda sendiri ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Kunjungan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima membawa kesan bagi bangsa Indonesia. Mereka secara resmi menyerahkan benda bersejarah peninggalan bagi bangsa Indonesia yang ratusan tahun disimpan di Belanda.

Keris bersejarah itu merupakan salah satu koleksi dari musuh bebuyutan bangsa Belanda dalam perang di tanah Jawa pada 1825 – 1830.

Keris itu sampai di tanah kincir angin sebagai bukti Belanda telah mengalahkan perlawanan Pangeran Diponegoro di perang Jawa.

Baca Juga: Sering Dibuang, Ternyata Air Rebusan Mi Instan Juga Punya Manfaat Loh