Find Us On Social Media :

Terkuak Inilah Mengapa Pangeran Diponegoro Mendapat Banyak Pengikut, Ternyata Dianggap Sebagai Juru Penyelamat Ini, Beginilah Cerita Perang Diponegoro yang Dianggap Perang Salib

By May N, Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Pangeran Diponegoro

Intisari - Online.com - Perang Diponegoro adalah salah satu perang besar di era penjajahan kolonial Belanda.

Diponegoro sendiri adalah sosok yang menarik untuk diceritakan.

Diponegoro, yang juga dikenal sebagai Raden Mas Ontowirjo, lahir pada 1785 di Yogyakarta, Pulau Jawa.

Dilansir dari Britannica, ia adalah pemimpin Jawa dalam konflik abad ke-19 yang dikenal pihak Barat sebagai Perang Jawa dan bagi orang Indonesia dikenal sebagai Perang Diponegoro.

Baca Juga: Inilah Jawaban Sebenarnya Mengapa Pemerintah Hindia Belanda Paksa Laksanakan Tanam Paksa

Kesultanan Jogjakarta dibentuk pada 13 Februari 1755, berdasarkan perjanjian Belanda yang memecah-belah kerajaan Mataram yang dulunya berkuasa di Jawa.

Meskipun Diponegoro adalah putra sulung dari penguasa ketiga Yogyakarta, Sultan Amangku Buwono III, ia dialihkan untuk suksesi pada tahun 1814 setelah kematian ayahnya dan digantikan oleh seorang putra yang ibunya lebih tinggi, tetapi ia dijanjikan takhta jika saudara tirinya mendahuluinya.

Dia adalah orang yang sangat religius yang selama periode itu hidup dalam pengasingan meditatif, dan sejarawan tidak setuju apakah dia menginginkan tahta atau apakah dia menolaknya demi kehidupan kontemplatif.

Namun tidak ada keraguan jika selama 1820-an Diponegoro mendapat konflik dengan pejabat Belanda dan tahun 1825 ia muncul sebagai pemimpin aristrokrat yang tidak terdampak di wilayah Yogyakarta.

Baca Juga: Jangan Anggap Sebelah Mata Lelucon Tentang Lama Perang Diponegoro, Pemenang Perang Tersingkat dalam Sejarah Nyatanya Malah Sudah Dapat Diketahui Lebih Cepat dari Itu