Find Us On Social Media :

Pantas Saja Mumi Firaun Tutankhamun 'Abadi' hingga Ribuan Tahun hingga Bikin Ilmuwan Bingung, Terkuak Rahasia Besar Formula Mumifikasi Mesir yang Mengejutkan Ini

By Tatik Ariyani, Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Ilustrasi jenazah Firaun yang dimumifikasi.

Intisari-Online.com - Salah satu penemuan fenomenal adalah pada 16 Februari 1923 ketika arkeolog membuka makam firaun Tutankhamun di Mesir oleh arkeolog Howard Carter.

Tutankhamun adalah Firaun dari Dinasti Kedelapanbelas Mesir, pada masa yang disebut Kerajaan Baru Mesir.

Firaun Tutankhamen ditemukan tewas pada tahun 1323 SM, kemudian cepat-cepat dibalsem dan dimakamkan.

Makam firaun Tutankhamun menjadi makam kerajaan terawetkan terbaik yang pernah ditemukan.

Baca Juga: Tak Terpecahkan Menjadi Misteri Sepanjang Sejarah, Teka-teki Penyebab Kematian Cleopatra Coba Dibongkar Para Ilmuwan, Benarkah Firaun Terakhir Mesir Bunuh Diri dengan Ular?

Carter membuka sarkofagus Tutankhamun pada Februari 1924, memperlihatkan mumi firaun untuk pertama kalinya.

Apa yang membuat mumi raja-raja Mesir, seperti firaun Tutankhamun, awet selama ribuan tahun?

Para ilmuwan telah mengungkap formula pembalseman Mesir kuno yang asli, yang pertama kali digunakan untuk mengawetkan mayat, setelah pemeriksaan mumi.

Serangkaian tes kimia forensik yang dilakukan pada mumi yang berasal dari 3.700-3.500 SM mengungkapkan formula dan menegaskan bahwa itu dikembangkan jauh lebih awal dan digunakan lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga: Disebut sebagai Hewan Pembawa Kebahagiaan, Ternyata Serangga yang Banyak Ditemukan di Indonesia Ini Suaranya Digemari Orang Yahudi yang Dulunya Dijadikan Budak Firaun