Find Us On Social Media :

Sok-sokan Pamer Ingin Balas China yang Punya Rudal Hipersonik, AS Malah Alami Insiden Memalukan Ini Saat Pamerkan Rudal Hipersonik Miliknya

By May N, Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:45 WIB

Rudal hipersonik China ini bikin panik dunia, ini sebabnya

Intisari - Online.com - Tidak lama setelah dilaporkan bahwa China telah melakukan uji coba peluncuran roket super dengan kemampuan menerbangkan kendaraan hipersonik (HGV) di sekitar Bumi, AS juga meluncurkan rudal dengan kekuatan serupa dari situs peluncuran di Alaska.

Namun, peluncuran yang niatnya ingin balas China itu sepertinya tidak berjalan lancar.

Dalam sebuah pernyataan pada 21 Oktober, Departemen Pertahanan AS mengumumkan bahwa rudal yang membawa hulu ledak hipersonik gagal menembak dengan sukses.

"Tes tidak bisa berjalan sesuai rencana karena ada masalah dengan booster," kata juru bicara Departemen Pertahanan Tim Gorman.

Baca Juga: Gara-gara Ulah China Ini, AS Ketar-ketir dan Gelontorkan Rp53 Triliun untuk Penelitian Senjata Hipersonik Meski Dianggap Buang-buang Duit dan Tidak Jelas

Gorman menekankan bahwa peluncuran uji coba yang gagal itu bukan disebabkan oleh kendaraan supersonik, tetapi oleh roket konvensional.

Kegagalan pada tahap awal menunjukkan bahwa militer AS tampaknya terlalu terburu-buru dalam mempersiapkan peluncuran rudal.

“Roket yang digunakan dalam uji coba itu bukan bagian dari program pengembangan senjata hipersonik, tidak melibatkan kendaraan terbang hipersonik. Boosternya hanya untuk pengujian,” tambah Gorman.

Peluncuran berlangsung di kompleks luar angkasa AS di Kodiak City, Alaska.

Baca Juga: Amerika Terlalu Lebay atau China yang Menutup-nutupi, Rudal China yang Bisa Jelajahi Bumi Ini Dipastikan Tidak Akan Membawa Bencana, Pejabat China Bongkar Fakta Ini