Find Us On Social Media :

Bak Daging Disantap Burung Nazar, Obat Baru Covid-19 yang Bahkan Belum Diizinkan Ini Langsung Diborong Negara-negara Kaya di Asia, Tak Ingin Kalah Lagi dari Negara Eropa?

By May N, Minggu, 17 Oktober 2021 | 12:13 WIB

Obat Molnupiravir kini malah diborong oleh negara-negara Asia, persaingan mendapatkan obat makin sulit

Intisari - Online.com - Selama perebutan global untuk memperoleh vaksin, banyak negara-negara di Asia-Pasifik melambat.

Kali ini, mereka tidak membuat kesalahan yang sama.

Negara-negara di sekitar wilayah ini mendesak memesan untuk obat terbaru melawan Covid-19: sebuah pil antivirus yang bahkan belum mendapat izin penggunaan.

Molnupiravir, yang diproduksi dari perusahaan farmasi AS Merck, digadang-gadang sebagai pengubah permainan pandemi, terutama bagi yang tidak bisa mendapat vaksin.

Baca Juga: Jangan Senang Dulu Walau Obat Covid-19 Sudah Ada, Nyatanya Perusahaan Ini Masih Tega Jual Harga 40 Kali Lipat Biaya Pembuatan Setelah Raup Miliaran Dolar dari Kementerian Pertahanan AS!

Merck saat ini masih mencari izin penggunaan darurat dari BPOM AS untuk obat baru ini, dan jika diberikan, kapsul ini akan menjadi perawatan antivirus oral terbaru melawan Covid-19.

Saat ini sudah ada setidaknya 8 negara atau teritori di wilayah Asia-Pasifik yang menandatangani perjanjian atau berbicara untuk mengamankan stok obat, menurut perusahaan analitik Airfinity, dikutip dari CNN.

Termasuk negara-negara ini antara lain Selandia Baru, Australia dan Korea Selatan.

Ketiganya termasuk lambat dalam memulai program vaksin mereka.

Baca Juga: Belum Dapat Izin Edar, Obat Covid-19 Molnupiravir Sudah Dilirik Indonesia, Disebut Mampu Cegah Risiko Rawat Inap dan Kematian hingga 50 Persen, Benarkah?