Find Us On Social Media :

Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Tinggi, WHO Uji Coba Langsung Tiga Obat Baru untuk Pasien Parah di Indonesia

By Maymunah Nasution, Kamis, 12 Agustus 2021 | 19:27 WIB

Ilustrasi pasien covid-19

Intisari-online.com - Indonesia mencatat penambahan kasus Covid-19 yang ekstrim dan kini stok obat menipis.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan menguji tiga obat baru yang kemungkinan bisa menyembuhkan pasien Covid-19 parah.

Salah satu pengujian ini dilakukan di Indonesia selain di 51 negara lain.

Obat-obat tersebut antara lain artesunat, imatinib, dan infliximab.

Baca Juga: Pantas WHO Ketar-ketir, Wabah yang Jauh Lebih Berbahaya dari Covid-19 dan Bisa Membunuh Manusia 88 Persen Ini Disebut Makin Menjadi Ancaman Dunia, Karena Mulai Menyebar

Panel independen telah memilih ketiganya karena potensi mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 parah yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Artesunate saat ini digunakan untuk pengobatan malaria berat, imatinib untuk kanker tertentu, dan infliximab untuk penyakit sistem kekebalan seperti penyakit Crohn dan rheumatoid arthritis.

“Menemukan terapi yang lebih efektif dan mudah diakses untuk pasien COVID-19 tetap menjadi kebutuhan kritis, dan WHO bangga memimpin upaya global ini,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu (11/8), seperti dikutip dari Kontan dari Al Jazeera.

Obat-obatan itu disumbangkan untuk uji coba oleh produsen.

Baca Juga: Pantesan Ada yang Terinfeksi Covid-19 Tapi Tak Merasakan Gejala Apapun, Ternyata Jika Rutin Konsumsi MakananSejuta Umat Ini Bisa Minimalkan Gejala Parah Akibat Covid-19