Find Us On Social Media :

Pantas WHO Ketar-ketir, Wabah yang Jauh Lebih Berbahaya dari Covid-19 dan Bisa Membunuh Manusia 88 Persen Ini Disebut Makin Menjadi Ancaman Dunia, Karena Mulai Menyebar

By Maymunah Nasution, Rabu, 11 Agustus 2021 | 16:16 WIB

Kulkas vaksin di Guinea yang masih menyimpan stok vaksin Ebola bersamaan dengan vaksin Covid-19, kini ada penyakit baru mengkhawatirkan dari sana yang bisa menyebar luas

Intisari-online.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengisukan peringatan mendesak untuk wabah yang jauh lebih berbahaya dari Covid-19.

Virus Marburg yang mematikan ini menjadi kekhawatiran baru, dengan tingkat kematian 88% dapat menyebar "luas dan jauh".

Virus Marburg pertama kali ditemukan di Afrika Barat.

Pakar sudah mendesak untuk membasmi virus ini secepat mungkin.

Baca Juga: Putus Asa Hadapi Varian Delta, China yang Sesumbar Bisa Paling Cepat Atasi Covid-19 Kini Sampai Hukum Para Pejabat Karena Gagal Atasi Penularan Wabah Baru, Efektifkah?

Virus telah memberikan ketakutan dan kekacauan yang sama yang disebabkan oleh pandemi Ebola antara 2013-2016 di Afrika Barat.

Dr Matshidiso Moeti, direktur regional WHO untuk Afrika mengatakan: "Potensi virus Marburg untuk menyebar luas dan jauh artinya kita harus menghentikan penyebarannya.

"Kami bekerja dengan otoritas kesehatan untuk menerapkan respon cepat yang dibangun atas pengalaman Guinea yang lalu menangani Ebola, yang ditularkan lewat cara yang sama."

WHO telah mengkonfirmasi bahwa kasus baru ditemukan di pria dari Guinea, di dekat perbatasan dengan Sierra Leone dan Liberia.

Baca Juga: Belum Juga Selesai Pandemi Covid-19, Wabah Virus Marburg yang Mirip Ebola Landa Guinea, Penasihat WHO Optimis Virus Tersebut Dapat Dibendung