Find Us On Social Media :

Terbongkar Indonesia Punya Utang Rahasia ke China dalam Jumlah Tak Main-main, Anak Buah Sri Mulyani Ungkap Fakta Ini

By Tatik Ariyani, Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:42 WIB

Ilustrasi Utang

Intisari-Online.com - China berambisi membangun jalur sutera modern atau yang dikenal dengan Belt and Road Initiatives.

Untuk mewujudkannya, China kemudian memberi utang kepada negara-negara berkembang.

Ketika negara tersebut tidak mampu membayar utang tersebut, China pun akhirnya menjadi penguasa di proyek yang tengah dibangun negara tersebut.

Isu jebakan utang China pun merebak. Meski demikian banyak negara tetap berutang pada China karena membutuhkan suntikan modal yang tak sedikit dan China-lah yang mampu menyediakannya.

Baca Juga: Mirip dengan Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Proyek China di Negara Tetangga Ini Disebut-sebut Mengancam Anggaran Negara, Jebakan Utang China Begitu Mulus

Indonesia termasuk di antara negara yang berutang pada China.

Bahkan, Indonesia tercatat memiliki utang tersembunyi dengan China sebesar 17,28 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 245,3 triliun (kurs Rp 14.200/dollar AS).

Laporan mengenai utang tersembunyi tersebut disampaikan oleh AidData, sebuah lembaga riset internasional lewat laporan "Banking on the Belt and Road: Insight from a new global dataset of 13.427 Chinese Development Projects."

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo menjelaskan, utang tersembunyi (hidden debt) yang tercantum dalam AidData bukan berarti pemerintah tidak melaporkan utang alias sembunyi-sembunyi berutang.

Baca Juga: Dikira Bakal Untung Setelah Ambil Utangan dari China, Terkuak Begini Nasib Negara-negara Miskin yang Terancam Gagal Utang ke China, Konsekuensi Ini Konon Akan Mereka Terima