Find Us On Social Media :

Sering Jadi Pertanyaan Tak Ada Warga Jepang yang Lahir Sebagai Kristen, Kenapa di Drama dan Film Jepang Banyak yang Pilih Pernikahan Cara Kristen? Beginilah Kenyataan 'Umat Tak Beragama' di Jepang

By May N, Senin, 11 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Ilustrasi pernikahan gaya Barat yang menjamur di Jepang

Intisari - Online.com - Ada sebuah ungkapan di Jepang bahwa di Jepang Anda lahir sebagai Shinto, menikah sebagai Kristen dan meninggal sebagai umat Budha.

Ungkapan ini tentunya tidak muncul karena kebetulan.

Kenyataannya hanya sebagian kecil warga Jepang beragama Kristen, tapi banyak sekali pasangan yang menikah memakai adat Kristen di sana.

Terutama pernikahan gaya Barat yaitu 'pernikahan putih'.

Baca Juga: Calon Suaminya Dikelilingi Kontroversi Sampai Dijuluki 'Harry dan Meghan dari Jepang', Putri Jepang Ini Tetap Nikahi Sang Pacar, Sampai Rela Lepas Gelar Kebangsawannya

Guna memenuhi permintaan yang bertambah untuk petugas pernikahan, perusahaan pernikahan telah menurunkan standar dan kini menyewa orang kulit putih siapapun untuk memimpin pernikahan.

"Pernikahan putih" di Jepang meniru upacara pernikahan di Barat, dengan elemen tradisionalnya: penampilan langsung musik, gaun putih yang mahal serta salib besar tergantung di belakang.

Pasangan menukar cincin, memotong kue waktu resepsi, dan akhirnya pengantin perempuan melempar buket kepada para gadis.

Namun bagian paling penting adalah petugas pernikahan yang harus tampak seperti pernikahan a la Kristen, atau dengan kata lain, orang kulit putih.

Baca Juga: Walaupun Kekaisaran Rusia Telah Runtuh Sejak Tewasnya Tsar Nicholas II, Sisa-sisa Kekaisaran Kini Akan Menggelar Pernikahan Kerajaan Pertama Setelah Satu Abad Lebih!