Find Us On Social Media :

Ternyata Ini Biang Keroknya, Sudah Lama Berdamai China dan India Mendadak Betrok Lagi di Perbatasan, Hal Sepele Ini Ternyata Pemicunya

By Afif Khoirul M, Senin, 11 Oktober 2021 | 15:22 WIB

Bentrokan China VS India tahun lalu.

Intisari-online.com - Belakangan, China kembali terlibat bentrokan dengan India di perbatasan tak bertanda kedua negara.

Dalam laporan Senin (11/10/21) oleh Global Times, mengatakan tentara India dan China kembali lagi kisruh di perbatasan.

Insiden pada 28 September memecahkan periode stabilitas di perbatasan China-India, tulis Global Times dalam editorial yang diterbitkan pada 10 Oktober.

Menurut Global Times, China dikatakan telah menahan diri sepenuhnya, tidak melaporkan insiden tersebut, untuk menghindari kerusakan hubungan yang sudah tegang antara kedua negara.

Baca Juga: Sudah Keruk Untung Besar, Negara Miskin Ini Malah Dikadali Perusahaan China Berkedok Iming-Iming Investasi Besar, Justru Membuat Lingkungan Tercemar, Rakyatnya Sampai Alami Kesengsaraan Ini

Menurut sumber militer Tiongkok, tentara Tiongkok yang berpatroli rutin di daerah Dongzhang, Daerah Otonomi Tibet, dihentikan oleh pasukan India "tanpa alasan".

Tentara India percaya bahwa tentara China telah memasuki wilayah itu secara ilegal.

Tentara Tiongkok bertekad untuk menyelesaikan misi patroli, sehingga kedua belah pihak bertukar kata dan "tabrakan tangan dan kaki".

Daerah Dongzhang, selatan Tibet, telah menjadi sarang perselisihan antara Cina dan India sejak tahun 2001.

Baca Juga: Makin Kuat China Makin Besar Kemungkinan Perang Dunia, Pengamat Ungkap Inilah Titik Awal Pemicu Perang Dunia III Bisa Dimulai di Negara Kecil Ini di Asia