Find Us On Social Media :

China Bocorkan 'Perang Dunia Ketiga Bisa Terjadi Kapan Saja,' 150 Pesawat Tempur Sudah Menembus Wilayah Udara Lawan, Apa yang Terjadi?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 8 Oktober 2021 | 09:10 WIB

(Ilustrasi) Xi Jinping dan PLA.

Intisari-Online.com - Seiring menegangnya hubungan China dan Taiwan, bukan tidak mungkin Perang Dunia Ketiga dapat meletus kapan saja, seperti yang dikatakan China.

Panasnya ketegangan Taiwan-China ini terjadi ketika kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth ('Big Lizzie') berlayar di Laut Filipina, dalam latihan bersama dengan dua kapal induk AS: USS Ronald Reagan dan USS Carl Vinson dan kapal perusak helikopter Jepang JS Ise.

Armada, yang juga mencakup sejumlah kapal perang dari enam negara berbeda secara total, berlatih bersama selama akhir pekan di kawasan itu di tengah meningkatnya ketegangan.

Pelayaran oleh angkatan laut Inggris dan Amerika baru-baru ini melalui Selat Taiwan.

Baca Juga: China Mati-matian Kirim Ratusan Jet Tempur untuk Bombardir Taiwan, Joe Biden Langsung Telepon Xi Jinping, Terkuak Ternyata Ini yang Mereka Bicarakan, 'Jangan Berani!'

Belum lagi pakta pertahanan Aukus baru, yang telah membuat marah Beijing dan memicu lebih banyak unjuk kekuatan di Laut Cina Selatan.

Presiden Xi Jinping menggambarkan perebutan demokrasi pulau yang diperintah sendiri, sebagai 'tak terhindarkan'.

Beijing telah meningkatkan tekanan pada Tsai sejak dia terpilih pada 2016 atas mandat Taiwan yang “independen”.

Melansir Kompas.com, China memperingatkan Perang Dunia Ketiga dapat terjadi “kapan saja”, setelah mengirim lusinan pesawat tempur ke wilayah udara Taiwan.

Baca Juga: Tak Akui Sinovac dalam Program Vaksinasi Nasional, Orang-orang Singapura Justru Minta Vaksin Buatan China Itu Sebagai Suntikan Booster, Mengapa?