Find Us On Social Media :

Kalah Saing dari Rusia, Amerika Akhirnya Akui Teknologi Rudal Hipersonik Rusia Lebih Canggih dan Mematikan

By Tatik Ariyani, Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:03 WIB

Mach 8 Zircon - atau Tsirkon - 'benar-benar tak tertandingi di dunia'.

Intisari-Online.com - AS merupakan militer terbesar dan paling berteknologi maju di dunia.

Namun, selama beberapa tahun terakhir AS telah kehilangan keunggulannya dari Rusia dan China.

Rudal hipersonik adalah salah satu kategori yang hilang dari Washington, di mana salah satu prototipe gagal dalam tes 28 Juli.

Ini adalah AGM-183A Air-Launched Rapid Response Weapon (ARRW).

Baca Juga: Walau Jet Tempur F-22 Raptor Digadang-gadang Tak Tertandingi, Siapa Sangka Jet Tempur Tercanggih di Dunia Itu Memiliki Musuh Abadi, Inilah Sukhoi Su-35 Rusia yang Digadang Bisa Kalahkan F-22

Sementara, Rusia dan China telah menerapkan sistem hipersonik yang beroperasi penuh, dengan yang pertama memiliki tiga rudal yang sangat cepat dan dapat terbang mendekati Mach 9 (sembilan kali kecepatan suara).

Saat ini, kapal selam nuklir Proyek 885 Yasen Rusia Severodvinsk melakukan peluncuran rudal hipersonik Zirkon di bawah air untuk pertama kalinya, kata kementerian pertahanan, melansir The EurAsian Times, Rabu (4/10/2021).

Sebelumnya, Severodvinsk melakukan penembakan di permukaan untuk pertama kalinya.

“Awak kapal selam penjelajah rudal bertenaga nuklir Severodvinsk berhasil menyelesaikan uji peluncuran kedua rudal hipersonik Zircon. Uji tembak kedua dilakukan oleh awak Severodvinsk dari posisi terendam untuk pertama kalinya, dari kedalaman 40 meter di perairan Laut Putih, pada target bersyarat di Laut Barents,” Pertahanan Rusia Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Mati-matian Disimpan Amerika, Pesawat Tempur F-22 Raptor Rupanya Memiliki Kelemahan yang Fatal Dibandingkan Pesawat Tempur Su-35 Milik Rusia