Find Us On Social Media :

Ironis, Siapa Sangka Tokoh-tokoh yang Jadi Musuh Dunia Bahkan Korbankan Banyak Jiwa Ini Justru Masuk Nominasi Penerima Hadiah Nobel Perdamaian

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 29 September 2021 | 11:35 WIB

Hadiah Nobel Perdamaian.

Intisari-Online.comHadiah Nobel Perdamaian diberikan setiap tahun sejak 1901 dengan 19 kejadian tanpa hadiah yang diberikan.

Pemenang ditentukan oleh Komite Nobel Norwegia berdasarkan daftar pendek dari semua nominasi.

Sementara kelayakan untuk memenangkan penghargaan dianggap sulit, apakah dinominasikan untuk itu di tempat pertama atau tidak.

Sedangkan nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian dapat dilakukan oleh siapa saja yang memenuhi syarat untuk melakukannya.

Baca Juga: Padahal Para Pemimpin Dunia Gagal Bikin Armenia-Azerbaijan Damai, Trump Malah Sebut Konflik Itu Mudah Diselesaikan dan Dirinya Layak dapat Nobel Perdamaian

Untuk hadiah yang satu ini memiliki daftar yang lebih panjang dari yang Anda bayangkan, termasuk anggota majelis nasional dan pemerintah.

Profesor universitas, mantan penasihat Komite Nobel, bahkan orang-orang yang telah dianugerahi hadiah juga dapat menominasikan siapa yang berhak menerimanya.

Daftar calon penerima hadiah Nobel Perdamaian bisa mencapai lebih dari 300 orang, setelah itu dipersempit menjadi 20 atau 30 calon.

Daftar ini tidak diumumkan ke publik dan dirahasiakan selama 50 tahun.

Baca Juga: Brenton Tarrant Mengaku Berhak Mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian Karena Penembakan yang Dilakukannya