Find Us On Social Media :

Presiden AS Eisenhower Pernah Memerintahkan CIA untuk Menggulingkan Pemerintahan Indonesia, Apa Perannya dalam Huru-Hara 1965 di Indonesia?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 26 September 2021 | 16:13 WIB

Presiden AS Eisenhower dan Perannya dalam Huru-Hara 1965 di Indonesia

Intisari-Online.com - Sejarah Indonesia dihiasi oleh berbagai kejadian dan juga sebenarnya campur tangan asing.

Salah satunya yakni mengenai keterlibatan CIA dalam perpolitikan dalam negeri.

Melansir Kompas.com, dalam pengakuan resmi pertamanya, Departemen Luar Negeri AS telah memberikan laporan rinci tentang operasi rahasia besar yang diluncurkan CIA di Indonesia selama tahun 1950-an.

Operasi rahasia itu, disebut dipicu kekhawatiran pengaruh komunis yang mulai tumbuh di masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Baca Juga: Dikira Bikin Taliban Kepanasan, Setelah Tinggalkan Senjata Militer dalam Kondisi 'Rongsokan', Amerika Ternyata Juga Lakukan Tindakan 'Radikal' Ini di Pangkalan Rahasia CIA Dilansir LA Times, dokumen sejarah setebal 600 halaman ini menunjukkan bahwa pemerintahan presiden AS saat itu, Dwight D Eisenhower, yang menjabat hingga 1961, sempat melakukan operasi intelijen rahasia.

Mereka mendukung pemberontak anti-komunis di Indonesia yang, dalam beberapa hal, juga merupakan cikal bakal operasi Teluk Babi melawan Kuba.

William Z Slany, sejarawan resmi Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa sebelumnya, Departemen Luar Negeri tidak pernah mempublikasikan informasi tentang operasi rahasia CIA, kecuali beberapa kegiatan intelijen di Vietnam pada awal 1960-an.

Indonesia adalah operasi intelijen Perang Dingin yang lebih khas.

Baca Juga: Gerakan 30 September: Detik-detik Saat PKI Kuasai RRI, Sebut CIA Ada di Balik Gerakan yang Bermaksud Gulingkan Pemerintahan Soekarno