Find Us On Social Media :

Ditemukan, Alat Mesir Kuno yang Digunakan dalam Pemujaan Dewi Hathor, Termasuk ‘Kursi Bersalin’ Bukti yang Mengkultuskannya Sebagai Dewi Kesuburan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 24 September 2021 | 16:25 WIB

Ditemukan, ritual Mesir Kuno yang digunakan untuk memuja Dewi Hathor.

Intisari-Online.com – Para arkeolog menemukan sejumlah alat yang digunakan orang Mesir Kuno dalam ritual pemujaan dewi Hathor.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menemukan benda-benda tersebut di kota kuno Buto di provinsi Kafr El-Sheikh, utara Kairo, melansir Egypt Today.

Tim arkeolog melakukan penggalian di situs yang dikenal sebagai Tell El Fara’in, atau Bukit Firaun.

Selama penggalian itulah mereka menemukan bagian dari pilar batu kapur berbentuk Hathor bersama dengan sumur yang digunakan untuk air suci, tempat persembahan, dan sisa-sisa sisik mas digunakan untuk menyepuh benda lain.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Alasan Mengapa Tinggi Kalangan Firaun Berbeda Jauh dengan Rakyat Biasa, Rupanya Praktik Ini yang Jadi Penyebabnya, Kok Bisa?

Tim juga menemukan pembakar dupa yang terbuat dari tembikar faience berlapis timah, termasuk yang dihias dengan kepala elang dewa Horus.

Menurut Mostafa Waziri, kepala Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Kementerian, ini merupakan salah satu penemuan penting karena termasuk alat yang benar-benar digunakan dalam melakukan ritual keagamaan sehari-hari untuk dewi Hathor.

Temuan itu juga termasuk patung tanah liat kecil dewi Taweret, yang dikaitkan dengan persalinan, dan beberapa karya seni lainnya.

Relief gading menampilkan pemandangan dari kehidupan sehari-hari, termasuk wanita membawa sesaji, gambar burung, hewan, dan tumbuhan.

Baca Juga: Mengapa Justru Ratu Mesir Paling Kuat Ini Dihapus dari Sejarah? Mungkinkah Karena Rasa Iri dari Anak Tirinya Karena Kekuatan yang Dimilikinya?